Bercengkerama dengan Orangutan di Tanjung Puting - Male Indonesia
Bercengkerama dengan Orangutan di Tanjung Puting
MALE ID | Relax

Bagi MALEnials yang ingin melihat lebih jauh dan bercengkerama dengan orangutan, kami sarankan agar Anda berkunjung ke Tanjung Puting. Di manakah tempat tersebut berada?

tanjung puting male indonesia 1Harri J

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, dan menjadi surga bagi pecinta primata asli Indonesia yang sebelumnya hanya bisa ditemui di kebun binatang. Sembari merasakan serunya bertualang di alam terbuka, Anda bisa mengeksplor tempat penangkaran orangutan terbesar di dunia ini.

Perjalanan menyusuri sungai menuju tempat penangkaran membutuhkan waktu berjam-jam karena lokasinya agak ke pedalaman. Sehingga Anda disarankan memakai perahu motor -biasa disebut klotok- sebagai alat transportasi utama. Tak perlu khawatir, perahu klotok dilengkapi fasilitas lengkap seperti tempat makan, toilet hingga tempat tidur.

Sepanjang perjalanan melintasi area seluas 415.000 hektar, Anda akan melihat hutan dan hewan-hewan tropis endemik seperti aneka burung, orangutan, dan kera ekor panjang asyik bergelantungan. Jangan lupa mengabadikan tingkah laku mereka dengan kamera.

tanjung puting male indonesia 4
Nala Rinaldo

Di Tanjung Puting, orangutan tersebar di beberapa lokasi. Antara lain Pondok Tanggui, Tanjung Harapan dan Camp Leakey. Tempat yang terakhir disebutkan menjadi paling populer di antara lainnya karena sangat representatif. Banyak orangutan yang sebelumnya diperdagangkan secara ilegal akhirnya dipelihara dengan baik. Sejak pertama kali didirikan di tahun 1971, Camp Leakey telah berhasil menyelamatkan orangutan untuk dikembalikan ke habitat asal.

Jika Anda belum pernah melihat kehidupan sehari-hari orangutan, di tempat ini Anda akan beruntung bisa berinteraksi secara langsung dan bercengkerama bersama orangutan. Termasuk melihat tingkah laku bayi orangutan yang lucu. Di jam makan, orangutan dewasa sudah sigap menerima buah-buahan dari pengasuhnya dan langsung pergi setelah mendapat makanan.tanjung puting male indonesia 3
Nala Rinaldo

Puas mengeksplorasi Camp Leakey, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Harapan dan Pondok Tanggui guna menyaksikan rehabilitasi orangutan. Di sini mereka diajarkan bagaimana cara bertahan hidup secara mandiri di hutan. Namun bagi orangutan yang sejak bayi dipelihara manusia, tentu proses beradaptasi mereka agak merepotkan dan membutuhkan waktu lama.

Sekadar informasi, di Tanjung Puting bukan cuma berisi orangutan saja, melainkan juga terdapat spesies binatang langka lain seperti monyet daun merah (pesbytis rubicunda) dan bekantan (nasalis larvatus). So, tunggu apa lagi MALEnials? segera rencanakan perjalanan liburan Anda bertualang di Taman Nasional Tanjung Puting dan jadilah saksi keberagaman primata asli tanah air.**GP

SHARE