Mengenal Kerah Baju Pria dan Fungsinya - Male Indonesia
Mengenal Kerah Baju Pria dan Fungsinya
MALE ID | Looks

Kemeja merupakan jenis outfit pria dengan kerah baju yang bermacam-macam. Selain berfungsi menutupi tubuh bagian atas seperti leher dan dada, penggunaan kemeja berkerah juga melambangkan status sosial, gaya hidup dan formalitas pemakainya. 

kerah baju - male IndonesiaPhoto by kychan on Unsplash

Kerah baju pada kemeja mempunyai karakternya masing-masing. Tergantung pada jenis kerah yang melekat. Walau demikian fungsi dari kerah kemeja masih jarang diketahui kaum adam.

Saat memutuskan membeli kemeja, bagian kerah seringkali luput dari perhatian pria. Padahal jika MALEnials cukup jeli, Anda akan menyadari bahwa kemeja memiliki beberapa jenis kerah baju yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajah dan acara yang akan Anda datangi. Inilah dia.

Wing collar
Jenis kerah wing collar sangatlah formal, dan jangan pernah Anda mengenakannya di acara kasual. Wing collar dapat dipadukan bersama tuxedo serta dasi kupu-kupu.

Point collar
Point colar paling sering ditemui dan bisa dikenakan pada hampir semua acara. Anda bisa memadukannya bersama dasi saat bekerja dan melepaskan dasinya sewaktu hendak hangout. Kerah ini juga cocok dipakai semua bentuk wajah pria.

Button-down collar
Kerah klasik berupa button-down collar dapat dikancingkan pada bagian ujung dan umum ditemui di kemeja bersifat kasual. Namun Anda tetap bisa mengenakannya di acara yang sifatnya formal asalkan menambahkan dasi.

Pinned collar
Pada kerah berjenis pinned colar terdapat lubang kecil di setiap sisinya yang menjadi tempat menyisipkan pin. Jangan lupa selalu mengenakan kemeja dengan kerah ini bersama dasi, karena tanpa dasi justru akan terlihat aneh.

Tab collar
Tab collar termasuk jenis formal, disertai pengait yang menghubungkan kedua ujung kerah. Fungsinya yaitu agar posisi dasi lebih berada di depan. Sama seperti pinned collar, kerah ini tampak aneh jika Anda tidak memakai dasi. Jenisnya sangat cocok bagi Anda yang berleher panjang.

Spread collar
Kerah ini lebih lebar jika dibandingkan jenis regular dan wajib dipakai di acara-acara formal. Karena memang sesuai dipadukan bersama jas atau blazer disertai dasi bersimpul besar. Bagi Anda yang memiliki wajah lebar atau bulat, hindari spread collar.

Rounded collar
Bagian ujung kerah tidak berbentuk lancip seperti kerah pada umumnya. Tetapi Anda bisa memakainya dengan atau tanpa dasi. Untuk Anda yang berwajah bulat atau berleher panjang, urungkan mengenakan jenis kerah ini.

Mandarin collar
Mandarin collar terinspirasi dari budaya timur oriental dan cocok dikenakan pada hampir semua acara. Dalam kondisi tertutup, kerah mandarin berubah fungsi sebagai pakaian formal. Sementara saat dibuka, kerah ini cocok dipakai dalam acarabersifat kasual. Satu hal perlu diingat, jangan pernah Anda menggunakan dasi.**GP

SHARE