Bahaya Bug Meltdown dan Spectre, Cegah Segera! - Male Indonesia
Bahaya Bug Meltdown dan Spectre, Cegah Segera!
MALE ID | Digital Life

Bahaya bug di perangkat pintar memang menjadi perhatian khusus di kalangan pecinta teknologi. Terutama pada awal tahun 2018, ditemukan bug yang dapat berakibat fatal pada prosesor keluaran Intel, AMD dan ARM.

bahaya bug - male Indonesia
Photo credit: mozillaeu on VisualHunt.com / CC BY

Bug bernama Meltdown dan Spectre ternyata mampu membocorkan data yang tersimpan dalam program inti sistem operasi. Seperti dilansir dari Reuters, kedua bug ini pertama kali diketahui oleh Daniel Gruss, seorang ahli keamanan di Google. Bahaya bug mengancam seluruh perangkat yang menggunakan chipset bahkan dari dua dekade sebelumnya.

Tak tanggung-tanggung, kedua bug mengancam keamanan data serta privasi perangkat elektronik. Bug Meltdown menyerang perangkat berbasis prosesor Intel, sementara bug Spectre menyerang prosesor apapun dalam 10 tahun terakhir.

Lalu apa bahayanya bagi perangkat dengan sistem operasi Android? Sebagaimana telah diketahui sebelumnya, perangkat Android pada umumnya menggunakan prosesor berbasis ARM yang notabene berpotensi terserang kedua bug tersebut. Meski pihak Google telah mengkaji bahwa perangkatnya aman, namun mereka belum dapat memastikan.

Konon, yang sangat rentan terkena bahaya bug adalah Cortex A73 dimana terdapat pada prosesor flagship Snapdragon 835. Hal serupa kemungkinan juga terjadi pada Snapdragon 810 (Cortex A57). Bagaimana cara mencegahnya?

Dilansir dari Gadgethacks, ada langkah-langkah mudah bagi MALEnials guna mengantisipasi bahaya bug Meltdown dan Specter di Android. Simak uraian singkatnya.

Rajin update dan Perhatikan Sistem Keamanan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yakni senantiasa mengupdate smartphone Android dengan patch keamanan terbaru. Tiap brand smartphone sudah menyediakannya dalam jangka waktu tertentu. Akses system update pada menu settings. Anda juga bisa memeriksa apakah ada pembaruan pada aplikasi updater atau tidak.

Menginstall Aplikasi dengan Bijak

Anda juga patut berhati-hati menginstall aplikasi pada smartphone Android. Pastikan bahwa aplikasi tersebut memang disediakan secara resmi pada Google Play Store, bukan dari pihak ketiga (third-party). Google sendiri telah menerapkan Google Play Protect demi melindungi penggunanya. Di sinilah Anda wajib memilah secara bijak aplikasi yang masuk ke perangkat Anda.

Mengganti Perangkat

Jika Anda masih menggunakan smartphone Android dengan OS jadul seperti 2.3.6 (Gingerbread) yang mana sudah tidak disupport oleh Google, ada baiknya mengganti perangkat Anda dengan sistem operasi terupdate. Pasalnya, sebagian besar brand telah menghentikan pembaruan sepenuhnya pada perangkat terdahulu.

Kira-kira begitulah cara mencegah bahaya bug Meltdown dan Spectre. Tentu Anda harus semakin waspada dengan keamanan dan privasi. Tak mau kan, data penting di dalam perangkat musnah karena Anda kurang aware terhadap perangkat Anda sendiri?**GP

SHARE