Perlukah Membeli Smartphone di Awal Peluncurannya? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Perlukah Membeli Smartphone di Awal Peluncurannya?
Gading Perkasa | Digital Life

Kebiasaan membeli smartphone baru pada awal perilisannya ke pasar barangkali sudah menjadi tren di masyarakat kita. Ya, pesona dan daya tarik perangkat baru memang sangat sulit dipungkiri.

membeli-smartphone-male-IndonesiaPhoto by Melvin Thambi on Unsplash

Salah satu yang dicari pecinta gadget ketika memutuskan membeli smartphone adalah teknologi terkini dari perangkat tersebut. Rasanya kurang puas jika belum menjadi pihak pertama yang mencobanya. Mereka bahkan rela mengantre sejak matahari baru saja terbit.

Namun, apakah perlu melakukan hal demikian? MALEnials pasti masih ingat sejumlah kasus dimana banyak smartphone keluaran terbaru justru mengecewakan. Ada yang mudah meledak, kurang laku lantaran buruknya fitur di dalamnya serta masih banyak lagi. Setidaknya alasan berikut ini bisa menjadi pedoman mengapa Anda tidak usah membeli smartphone di awal peluncurannya. Mari disimak!

Masalah Hardware di smartphone
Pabrikan sekelas Samsung pernah mendapat masalah pada hardware produknya. Banyak kasus Samsung Galaxy Note 7 meledak karena masalah di bagian baterai. Sedangkan kasus lain yaitu Google Pixel 2 XL yang mempunyai kendala di bagian layar, kurangnya sensitivitas, burn-in serta tampilan buruk. Walau produsen terkait berniat memperbaikinya, ada gunanya kita meninjau lebih dulu sebelum membeli bukan?

Masalah Software
Software pun bisa menjadi masalah serius bagi para penggunanya. Contohnya Bixby, virtual assistant milik Samsung Galaxy S8 yang sangat dinantikan penggemarnya di seluruh penjuru dunia. Pada awal peluncurannya, Bixby hanya tersedia di Korea dan versi internasionalnya memakan waktu sampai berbulan-bulan. Meski akhirnya pengguna Galaxy S8 dapat menikmati virtual assistant tersebut, konsumen terlanjur kecewa kepada Samsung. Parahnya lagi, saat versi internasional Bixby sudah tersedia, harga Galaxy S8 telah anjlok.

Belum Benar-Benar Teruji
Setiap smartphone memang telah diuji dan diteliti sedemikian rupa oleh para produsen sebelum mereka melepasnya ke pasaran. Akan tetapi, tak ada yang tahu bagaimana keadaan dan kinerja smartphone ketika dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu baru terlihat satu bulan paska peluncurannya. Jika tidak ada kendala pada perangkat, artinya smartphone yang Anda beli sangat berkualitas.

Turunnya Harga Secara Drastis
Turunnya harga merupakan salah satu risiko yang harus Anda pertimbangkan jika membeli smartphone di awal bulan. Bahkan tak sedikit harga dari merek dan tipe smartphone anjlok secara signifikan, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Cara termudah yaitu melihat tren penurunan harga dari merek ponsel tersebut. Ada pabrikan yang menurunkan harga produknya beberapa minggu setelah rilis, sedangkan pabrikan lain melakukannya dua bulan ke depan.

Bagaimana, masih mau berjuang menghadapi antrean panjang cuma untuk membeli smartphone baru dengan harga mahal padahal belum sepenuhnya teruji?**GP

SHARE