Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Bersihkan Nikotin - Male Indonesia
Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Bersihkan Nikotin
MALE ID | Sex & Health

Bagi sebagian pria, dengan cara meminum soda dan susu menjadi salah satu cara untuk bersihkan nikotin dalam tubuh. Padahal belum ada penelitian dalam skala besar yang menyatakan bahwa susu dan soda dapat membersihkan atau mengurangi nikotin di dalam paru-paru.

bersihkan nikotin
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Maka dari itu, sugesti bersihkan nikotin dengan susu soda masih bisa dibilang hanya mitor atau sebuah sugesti saja. Anda perlu tahu, nikotin adalah bahan adiktif yang ditemukan dalam rokok dan produk tembakau lainnya. 

Menurut American Heart Association, nikotin menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dapat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, nikotin bisa menyebabkan kecanduan fisik yang dapat bertahan selama bertahun-tahun, membuat usaha berhenti merokok menjadi sesuatu yang amat sulit dilakukan.

Perlu diketahui juga, tumpukan nikotin dalam darah dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah yang semakin lama semakin tinggi. Tekanan darah berlebih dapat menyebabkan masalah-masalah pada jantung, paru-paru dan syaraf. Jadi ketika Anda ingin berhenti merokok, bersihkan dulu nikotan yang terdapat dalam tubuh Anda. Berikut langkah mudahnya.

Minum Air Putih 2,3 Liter Beberapa Hari
Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Perlu juga menjadi perhatian, hati-hati jika mengkonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru menimbulkan penyakit lain.

Mulai Rutin Olahraga
Selain banyak minum air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin. Contoh olahraga yang bagus untuk membersihkan nikotin dari dalam tubuh adalah tenis, joging, bersepeda, dan jalan cepat. Lakukan selama 30 menit setiap latihan dengan frekuensi lima kali per minggu.

Kurangi Makanan Cepat Saji, Perbanyak Buah-Buahan
Tubuh yang mengandung racun nikotin biasanya bersifat asam dan karenanya perlu dinetralkan, caranya dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran, terutama yang organik. Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Selain itu, kurangi makanan cepat saji, karena segala makanan dari restoran cepat saji dan berbagai makanan fast food tidak lagi mengandung enzim yang bermanfaat bagi tubuh.

Berhentii Mengonsumsi Alkohol dan Minuman Bersoda
Minuman beralkohol juga memperlambat nikotin keluar dari dalam tubuh dan memicu keinginan untuk merokok. Selain itu, minuman ini dalam jangka panjang dapat mengganggu syaraf dan merusak organ vital tubuh. Hindari juga berbagai jenis minuman bersoda yang sama sekali tidak memiliki nilai gizi yang cukup.

Berhenti Merokok
Tentu dari sekian langkah di atas, Anda pun harus menghentikan kebiasaan merokok Anda. Percuma jika Anda tidak menghentikan kebiasaan buruk ini. Kebiasaan merokok tentu tidak memiliki manfaat lebih, dengan merokok hanya menumpuk racun dalam tubuh. ** (SS)


 

SHARE