Waspada, Ini Tanda Perusahaan Akan Bangkrut - Male Indonesia
Waspada, Ini Tanda Perusahaan Akan Bangkrut
MALE ID | Works

Ada beberapa hal yang patut diketahui karyawan soal tanda perusahaan akan bangkrut, hal itu untuk mengantisipasi pemutusan kontrak kerja secara mendadak. Apalagi, di tengah semakin berubahnya konteks persaingan bisnis, maka mengetahui tanda perusahaan akan bangkrut menjadi penting, baik itu bagi karyawan maupun bagi pemilik bisnis.

tanda perusahaan akan bangkrut - male IndonesiaPhoto by Tim Mossholder on Unsplash

Sehingga pengetahuan tanda-tanda ini penting bagi kedua belah pihak, baik karyawan maupun pemilik bisnis. Karena jika Anda menyadari tanda perusahaan akan bangkrut sedari awal, tentunya akan lebih mudah dalam mencari beraga solusi jalan keluar. Lalu apa saja tanda perusahaan akan bangkrut yang dapat diketahui?

Penurunan Produksi
Setiap perusahaan akan mengalami masalah atau kendala yang akan dihadapi atau faktor yang akan menghambat sebuah usaha dari setiap perusahaan itu sendiri. Faktor itu bisa saja dari metode atau pesaing baru yang akan mengalahkan pesona pesaingnya termasuk perusahaan yang Anda bangun. 

Sebuah perusahaan yang baik tentu akan dapat melewati masalah-masalah tersebut dengan solusi-solusi cerdas dari setiap lininya, Namun, tidak dipungkiri, ada beberapa tanda perusahaan akan bangkrut, bukan saja dari masalah atau pesaing itu sendiri, tanda itu adalah penurunan jumlah dari sektor produksi. 

Baca Juga: Menemukan Hal ini di Kantor? Segera Resign!

Kegagalan dari tanda tersebut, bahkan akan lebih diperparah ketika pihak manajemen telah ikut menyarankan bahwa kondisi akan segera stabil dan membaik. Cara meyakinkan tersebut terlihat untuk membuktikan mereka sedang berusaha meyakinkan agar usaha dapat berkembang dengan baik, padahal secara angka tidak memungkinkan.

Perusahaan Menyewa Jasa Konsultan
Saat melihat kantor Anda menyewa sebuah jasa konsultan, Anda harus khawatir tentang karir dan perusahaan Anda, Pasalnya, tanda yang dapat menyeret simpulan bahwa sebuah perusahaan akan mengalami kebangkrutan adalah bantuan dari ahli efisiensi dan konsultan management. Kemudian, ketika pihak konsultan mulai menanai beberapa pertanyaan penting. Ini merupakan sebuah proses dimana mereka sedang mencari letak kesalahan dan menemukan jalan keluar.

Mundurnya Jajaran Direksi
Tanda perusahaan akan bangkrut lainnya adalah mundurnya sejumlah orang-orang yang memiliki posisi tertinggi atau jajaran direksi. Jika Anda melihat hal tersebut, perlu menjadi perhatian khusus untuk mencegah gulung tikarnya perusahaan Anda. Jika sudah seperti itu, Anda pun bisa menjadi target selanjutnya, baik itu mengundurkan diri atau memang adanya pemecatan oleh pihak kantor.

Pengurangan Karyawan
Tanda perusahaan akan bangkrut paling umum adalah adanya pengurangan karyawan untuk menghemat anggaran. Biasanya karyawan yang rentan akan pemecatan sebelah pihak ini adalah para karyawan senior yang memiliki gaji relatif lebih tinggi dari para karyawan biasa. Hal ini bisa menyeimbangkan kondisi keuangan perusahaan dan menjadi alternatif cara bangkit dari kebangkrutan usaha.

Penjualan Aset
Anda harus peka ketika perusahaan tiba-tiba menjual aset-asetnya sedikit demi sedikit. Biasanya mulai dari menjual barang dagangan yang tidak dibelikan barang dagangan kembali, tetapi digunakan untuk membayar cicilan maupun bunga. Jika perusahaan jasa, maka biasanya dimulai dengan menjual barang-barang yang murah hingga menjual aset yang mahal harganya demi membayar hutang.

Pemotongan Hak-Hak Karyawan
Memotong hak-hak karyawan merupakan ciri lain yang bisa dilihat sebagai tanda-tanda perusahaan mulai terjepit. Bisa jadi itu adalah tunjangan hari tua, asuransi, THR, uang transport jika sebelumnya ada dan berbagai hak karyawan lainnya yang sebelumnya ada. Jika hal tersebut terjadi pada Anda dan perusahaan Anda, tentu hal ini harus menjadi perhatian lebih. Anda sebaiknya mulai mempersiapkan kantor atau tempat kerja baru.

Rekrutasi Dadakan
Tanda kantor akan bangkrut yang terakahir ini adalah tanda yang mungkin sedikit sulit untuk ditebak, karena tentu setiap karyawan akan berpikir ketika sebuah perusahaan merekrut karyawan tentu akan terlihat baik-baik saja. Namu, Anda jangan dahulu bahagia, sebab biasanya perusahaan yang terancam bangkrut akan melakukan rekrutasi secara besar-besaran dan mendadak. Akan ada pimpinan baru yang akan menghandle setiap aktifitas penting di dalam industri tersebut. 

Karena pergantian atau rekrutasi secara mendadak adalah langkah awal antisipasi piha manajemen daam mempertahankan perusahaan dari berbagai kendala atau sebuah keadaan terburuk yaitu kebangkrutan. ** (SS)

SHARE