Pecatur Legendaris Dunia yang Taklukan Komputer - Male Indonesia
Pecatur Legendaris Dunia yang Taklukan Komputer
MALE ID | Sport & Hobby

Banyak pecinta olahraga catur beranggapan bahwa pecatur dunia terhebat adalah Bobby Fischer asal Amerika Serikat. Meski demikian, fakta dan data berbicara lain. Gelar pecatur dunia paling hebat sepanjang masa layak disematkan kepada Garry Kasparov. Terbukti dari rating tertinggi miliknya yang mencapai angka 2.851.

pecatur dunia male indonesia 1
David Monniaux

Pecatur dunia asal Rusia ini terkenal akan gaya permainannya yang agresif dan inovatif. Baginya, mengorbankan satu bidak adalah wajar. Sederetan nama Grandmaster catur telah ia tumbangkan. Dari Anatoly Karpov, Gata Kamsky, Nigel Short hingga Viswanathan Anand.

Namanya mulai bersinar saat ia menyandang gelar sebagai Grandmaster termuda di dunia pada masanya. Di tahun 1984, Kasparov menantang juara dunia saat itu Anatoly Karpov dalam pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah. Ia (Kasparov-red.) sempat tertinggal dengan skor 0-5.

Sejatinya pertandingan catur dunia ini menjadi sangat menarik, karena walau ketinggalan, Kasparov berhasil mendekati lawannya setelah 17 kali remis. Namun pertandingan selanjutnya dihentikan oleh ketua FIDE lantaran stamina kedua pemain dianggap menurun, bahkan Karpov sempat dirawat di rumah sakit.

pecatur dunia male indonesia 2
Owen Williams, The Kasparov Agency

Baca juga: Alexandra Botez, Bidadari dalam Jagat Catur

Di putaran kedua antara Kasparov vs Karpov (1985), diberlakukan standar baru dimana pemain yang lebih dulu mencapai angka minimal 12,5 dalam 24 pertandingan akan dinyatakan sebagai pemenang. Sedangkan jika pertandingan berakhir draw 12-12, gelar juara tetap dipegang Karpov. Akhirnya Kasparov memenangi pertandingan dan dinobatkan sebagai juara catur termuda dunia di usia 22 tahun.

Kasparov sering bermain melawan komputer. Pada 1996, ia berhasil mengalahkan komputer Deep Blue dengan skor 4-2. Namun setahun kemudian giliran sang komputer menumbangkan Kasparov. Ia juga bermain melawan program X3D Fritz menggunakan papan virtual, kacamata 3D dan sistem pengenalan suara. Dua kali menang, satu kali kalah dan dua kali seri membuatnya keluar sebagai pemenang dan memperoleh hadiah sebesar 175.000 US Dolar.

pecatur dunia male indonesia 3
khaled abdelmoumen/flickr

Menginjak tahun 2003, pecatur dunia legendaris ini bertanding melawan komputer Deep Junior dengan sistem enam babak dan disebut-sebut sebagai pertandingan “man vs machine”. Usai tiga kali remis dan sekali menang, ia mengajukan draw kepada mesin Deep Junior dan langsung diterima. Kepada publik dirinya mengaku melakukan kesalahan pada permainannya. Namun prestasinya tak terbantahkan lagi. Ia menyandang gelar juara catur dunia dari tahun 1985-1993 serta juara dunia ‘klasik’ di rentang 1993-2000.

Ia mengundurkan diri dari dunia catur pada 10 Maret 2005. Paska pensiun, kegiatannya berkutat di dunia politik sebagai pemimpin oposisi Rusia dari pemerintahan Vladimir Putin. Di samping itu ia juga menciptakan game catur sendiri bernama Kasparov Chess Mate. Saat ini, dirinya aktif menjadi penulis buku catur.**GP

SHARE