Langkah Hadapi Orang Keras Kepala - Male Indonesia
Langkah Hadapi Orang Keras Kepala
MALE ID | Relationships

Orang keras kepala memang sedikit menjengkelkan. Jangan mencoba-coba untuk melawan sikap orang keras kepala. Jika Anda tidak ingin semangkin kesal dan akan membuatnya lebih buruk.

Orang keras kepala - male Indonesiapexels.com

Orang yang memiliki watak keras kepala, sebanarnya bukan orang jahat. Namun, saat berbicara dengan orang keras kepala memang tidak menyenangkan. Apalagi mencoba untuk meyakinkannya. Lebih jauh lagi, berurusan dengan orang-orang yang keras kepala dapat membuat Anda merasa sangat frustrasi dan lelah. 

Tetapi, sebanarnya ada langkah untuk membuatnya nyaman tanpa harus menciderai ego orang keras kepala. Namun langkah tersebut tidak bisa Anda harapkan berpengaruh cepat. Karena orang keras kepala tidak dapat begitu saja lunak. Seperti air menetes terus menerus dengan sabarnya yang membuat batu yang keras pun dapat berlubang.

Tetaplah Tenang
Jika Anda benar-benar ingin berurusan dengan orang yang keras kepala dan bahkan memiliki kesempatan untuk melakukannya sesuai dengan cara Anda, maka Anda tidak bisa membiarkan emosi Anda mendahului segalanya. Jika Anda mulai tampak kesal atau bahkan marah, maka orang tersebut akan berpikir bahwa ia telah menang, karena Anda tidak dapat menahan diri. 

Ambil napas dalam-dalam, perlahan-lahan, atau bahkan tinggalkan ruangan selama beberapa menit jika Anda merasa diri Anda emosi. Orang keras kepala akan jauh lebih mungkin untuk mendengarkan Anda jika Anda terlihat tenang dan dapat menguasai diri, tidak marah atau sinting.

Berikan Sedikit Pujian
Mengapa orang keras kepala begitu sulit untuk lunak, karena mereka benci kalau salah. Mereka berpikir bahwa mereka tahu cara terbaik untuk melakukan segala sesuatu. Karenanya, mereka mungkin sedikit sensitif ketika mereka diberi tahu bahwa ada cara lain untuk melakukan hal-hal yang mereka pikirkan lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Senyuman Wanita Cuek Mengalihkan Dunia Anda

Saat ada perbedaan pendapat lain, orang keras kepala menganggap perbedaan itu sebagai sebuah serangan pribadi bahkan jika Anda tidak bermaksud jahat. Jadi, ketika Anda berbicara dengan orang yang keras kepala, cobalah untuk membuat mereka merasa baik terhadap diri mereka sendiri dengan menawarkan sedikit sanjungan pada awalnya.

Tunjukan Sikap Menghargai
Selain menberikan sedikit pujian, Anda juga harus melakukan sesuatu hal yang dapat dibilang sikap mengalah dengan menghargai pendapat mereka. Jangan membuat mereka berpikir bahwa ide mereka benar-benar bodoh, lemah, atau tidak masuk akal. 

Pastikan untuk mengulang argumen mereka dan menunjukkan bahwa Anda melihat hal baik dalam apa yang dia katakan. Dengan begitu, ia yang memiliki watak keras kepala akan melihat bahwa Anda menghargainya serta ide-idenya. Ini akan membuatnya lebih terbuka.

Beritahu dengan Bahasa Lain
Dalam menghadapi orang keras kepala, Anda jangan sekali-kali membaritahu dirinya jika salah. Gunakan bahasa yang lain untuk meyakinkan pendapatnya saat berdiskusi. Mereka memiliki beberapa ide-ide luar biasa dan bahwa Anda telah mempertimbangkannya dengan hati-hati. Mereka mungkin benar dalam waktu atau situasi lain, tapi sekarang, Anda ingin melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Buatlah hal tersebut sejelas mungkin.

Saatnya Tegas
Selain tidak ingin disalahkan, alasan yang mendasari orang keras kepala adalah karena orang-orang di sekitar mereka sering mengalah dan membiarkan mereka melakukan apa yang mereka inginkan. Hal ini bisa mencakup beberapa alasan, Anda mungkin berpikir bahwa orang tersebut akan melemparkan sesuatu atau mendongkol jika dirinya tidak mendapatkan kesempatan, atau mungkin Anda tidak memiliki kekuatan untuk menolak.

Tapi, ingatlah bahwa orang tersebut menggunakan taktik murahan untuk melakukan apa yang ia inginkan, dan bahwa Anda berhak untuk memilih melakukan hal-hal sesuai jalan Anda sesekali. Jika orang tersebut mulai emosional atau tampak sangat marah, Anda jangan begitu saja mengalah. Karena dengan sikap seperti itu, akan memperlihatkan padanya bahwa ia dapat memanipulasi emosi Anda dan membuat Anda mengalah dari apa yang Anda inginkan dengan mudahnya.

Tegaslah, menjadi berarti berdiri teguh di sisi Anda dan menawarkan argument yang rasional dan logis mengapa ide Anda penting. Ini tidak berarti menjadi agresif atau berteriak ataupun meneriakkan nama. ** (SS)                     

SHARE