Waspada, ini 10 Tanda Awal HIV yang Tak Terduga! - Male Indonesia
Waspada, ini 10 Tanda Awal HIV yang Tak Terduga!
MALE ID | Sex & Health

Banyak yan masih tidak sadar tanda awal HIV (Human Immunodeficiency Virus), meski secara umum informasi mengenai penyakit ini telah tersosialisasikan sejak lama. Apalagi HIV menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja.

tanda awal aids male indonesia
Pexels.com

Hal terburuk tentang HIV adalah bahwa Anda tidak tahu selama puluhan tahun bahwa Anda menderita hal tersebut dan ketika Anda tahu tentang hal itu, Anda sudah terlambat. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran. HIV dapat ditularkan melalui berbagai cara termasuk transfer darah yang mengandung virus, injeksi tidak steril, dan lain-lain. Berikut tanda awal HIV yang mungkin tak diduga-duga.

1. Kelelahan Instan
Jika Anda jatuh sakit terus menerus, Anda merasa lelah dengan mudah dan tingkat energi Anda turun maka sistem kekebalan tubuh telah diganggu. Anda perlu pergi untuk bertemu dokter. Bisa jadi tanda ini menjadi tanda awal HIV pada Anda.

2. Demam
Gejala atau tanda awal HIV ini memerlukan waktu lama, demam yang menandakan Anda mungkin terserang HIV yaitu demam yang menunjukan angka 102 derajat Celcius. Biasanya orang yang terserang HIV ini mengalami gejala seperti flu yang disebut akut Retroviral Syndrome (ARS). 

3. Sakit Otot Dan Sendi
Setelah serangan virus, Kelenjar getah bening yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh terangsang mengakibatkan sakit pada sendi terus menerus dan sakit otot.

4. Ruam pada Keseluruhan Kulit
Ruam adalah kondisi kulit yang ditandai dengan iritasi, bengkak atau gembung kulit yang diketahui dengan adanya warna merah, rasa gatal, bersisik, kulit yang mengeras atau benjolan melepuh pada kulit. 

Baca Juga: Hati-hati Sering Sakit Perut Sebelah Kiri

Ruam tidak digolongkan sebagai diagnosis khusus, namun secara umum menunjukkan tanda mulai terjadinya perubahan warna dan tekstur kulit secara tidak normal. Meskipun hal yang sangat umum tetapi jika Anda menderita ruam yang sulit disembuhkan maka Anda perlu mengambil tes HIV. 

5. Masalah Pencernaan Serius
Hal pertama yang biasanya terjadi adalah mual, muntah atau diare. Tetapi jika masalah terus berlanjut bersama dengan beberapa hal yang tidak biasa, maka Anda perlu pergi ke dokter. 

6. Rasa Gelisah
Sakit kepala parah dan sakit tenggorokan dapat berhubungan dengan serangan tanda awal HIV. Tetapi Tentu, hal ini jika terjadi tidak biasa. Saat Anda merasa aneh terhadap gelisah seperti ini, baiknya Anda pergi ke dokter.

7. Berat Badan Turun Drastis
Masalah pencernaan menyebabkan penurunan berat badan. Mungkin hal tesebut bekerja secara umum dan biasa. Namun sebagai tanda awal Anda, HIV bekerja sebagai rantai dan jika seseorang kehilangan 10 persen dari berat tubuhnya atau lebih dari itu, yaitu sekitar 30 hari karena diare maka hal tersebut bisa jadi sebagai tanda awal Anda korban HIV.

8. Alergi
Sudah waktunya untuk mempertimbangkan tes ketika seseorang mulai menderita banyak alergi dan batuk kering secara rutin. Rutin-rutinlah Anda pergi ke dokter untuk memeriksakan alergi yang menurut Anda aneh.

9.  Infeksi Ragi
Jamur dan ragi infeksi terlihat pada mulut dan kerongkongan paling umum sehingga sulit untuk menelan. Meskipun hal ini tidak dapat disembuhkan, tetapi meditasi dapat membantu untuk menghindari penderitaan. 

10. Kuku tidak teratur
Perubahan warna dan kuku rapuh adalah gejala serangan HIV. Ini adalah tanda sistem kekebalan tubuh menipis. 

Jadi, yang terpenting adalah, ketika Anda mengalami tanda-tanda aneh yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik Anda langsung pergi ke dokter dan memeriksakan kesehatan Anda secara berkala. ** (SS)


 

SHARE