Perceraian Tokoh Politik yang Jadi Sorotan Dunia - Male Indonesia
Perceraian Tokoh Politik yang Jadi Sorotan Dunia
MALE ID | Story

Perceraian kerap menyita perhatian publik terutama jika menyangkut nama-nama tersohor, misalnya saja perceraian tokoh politik. Penyebabnya pun bermacam-macam, entah terlibat skandal atau perpisahan secara baik-baik karena alasan tertentu.

Masih lekat di ingatan kita saat mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao mengumumkan perpisahan dengan istrinya, Kristy Sword pada 2015 lalu. Meskipun dilakukan secara baik-baik, kabar perceraian tokoh politik nyentrik tersebut membuat publik berduka.

Pada dasarnya, kabar perceraian tokoh publik memang menjadi subjek berita yang berpotensi menggemparkan banyak pihak. Selain Xanana Gusmao, masih ada pemimpin dunia yang bercerai dengan pasangan hidupnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Budak Kulit Hitam yang Sukses Menjadi Politisi

Alvaro Colom (Guatemala)

perceraian tokoh politik male indonesia 1
Edgar Alberto Dominguez Catano

Ada sebuah alasan unik yang melatarbelakangi perceraian antara Presiden Alvaro Colom dan istrinya, Sandra Torres pada 2011 silam. Yakni keinginan sang istri maju dalam pemilihan Presiden di tahun yang sama. Meski gugatan cerai dikabulkan, Torres tetap tidak diizinkan pemerintah setempat bertarung di pemilu. Ia akhirnya dapat berlaga, dan kalah suara.

Xanana Gusmao (Timor Leste)

perceraian tokoh politik male indonesia 2

Isabel Nolasco

Perjuangan memerdekakan Timor Leste ternyata tidak mampu membuat pasangan Xanana Gusmao dan Kristy Sword mempertahankan rumah tangganya. Pada 2015 silam, keduanya sepakat mengakhiri pernikahan yang telah dijalani selama 15 tahun. Domisilinya pun tak lagi satu negara. Xanana tetap di Timor Leste, sedangkan Kristy bersama tiga anaknya tinggal di Melbourne, Australia.

Goran Persson (Swedia)

perceraian tokoh politik male indonesia 3
Magnus Froderberg

Pada Desember 2002, Perdana Menteri Swedia kala itu, Goran Persson mengajukan cerai kepada istri yang telah dinikahinya selama delapan tahun, Annika. Keduanya resmi berpisah di bulan April 2003, namun sampai sekarang tidak pernah diketahui apa alasan utama yang melandasinya.

Silvio Berlusconi (Italia)

perceraian tokoh politik male indonesia 4
alessio85

Perdana Menteri yang dikenal flamboyan ini diceraikan Veronica Lario, istri keduanya pada 2009 lalu. Sang istri mendapati Berlusconi berselingkuh dengan Naomi Letizia, model berusia 18 tahun. Butuh waktu tiga tahun bagi keduanya hingga proses perceraian selesai di tahun 2012.

Nicolas Sarkozy (Prancis)

perceraian tokoh politik male indonesia 5
World Economic Forum

Sebelum resmi dilantik sebagai Presiden Prancis ke-23 pada 2007, Nicolas Sarkozy menceraikan Cecilia Attia yang telah mendampinginya selama 11 tahun. Sarkozy juga bercerai dengan istri pertamanya Marie Dominique Culioli. Sekarang, pasangan hidup Sarkozy adalah mantan model Carla Bruni.

Vladimir Putin (Rusia)

perceraian tokoh politik male indonesia 6
kremlin.ru/wikipedia

30 tahun lamanya Vladimir Putin membina rumah tangga bersama Lyudmilla, sebelum keduanya bercerai mendadak di tahun 2013. Baik Putin maupun mantan istrinya mengaku berpisah secara baik-baik. Kendati demikian, publik Rusia menduga hal itu disebabkan adanya pihak ketiga yang notabene seorang wanita muda berprofesi sebagai balerina.

Nelson Mandela (Afrika Selatan)

perceraian tokoh politik male indonesia 7
South Africa The Good News/flickr

Mendiang Nelson Mandela telah mengetahui bahwa Winnie, sang istri berselingkuh dengan seorang pengacara bernama Dali Mpofu. Ada sebuah surat yang ditulis oleh Winnie sendiri, mengungkapkan Mpofu pernah diberi uang sebesar 160.000 Rand atau sekitar 17 juta rupiah. Uang sebesar itu diambil dari kas African National Congress. Perceraian tokoh politik tersohor tanah Afrika dan dunia tersebut menghabiskan waktu empat tahun dan disahkan hakim pada Maret 1996.**GP

SHARE