Berbagai Ancaman Serius di Dunia Teknologi - Male Indonesia
Berbagai Ancaman Serius di Dunia Teknologi
MALE ID | Digital Life

Ancaman serius yang berpotensi membahayakan Anda bisa datang dari mana saja. Entah di rumah, kantor, atau di area publik sekalipun. Bahkan gejalanya sangat sulit dideteksi.

ancaman serius - male Indonesiapixabay.com

Setali tiga uang dengan hal-hal di atas, dunia teknologi juga tidak luput dari berbagai kondisi yang menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan Anda. Beberapa pakar mengatakan, teknologi dapat diibaratkan sebagai dua sisi mata uang. Di satu sisi memberikan kemudahan luar biasa bagi manusia, sementara sisi lainnya cenderung merugikan.

Ketakutan akan penyusup, hacker maupun virus dirasakan seluruh pengguna teknologi seantero jagat. Di balik manfaatnya yang luar biasa, bukan mustahil jika kecanggihan teknologi dapat menyerang keamanan data akibat ulah pihak tak bertanggung jawab. Sebenarnya seperti apa ancaman serius yang dimaksud?

Baca juga: Teknologi Kecerdasan Buatan Berdampak Negatif?

Social Media Snooping
Setiap orang tentu punya sosial media, bahkan rasanya sulit hidup tanpa membuka sosial media dalam sehari saja. Jika Anda sering membukanya, ada baiknya mengatur ulang privasi. Perhatikan teman-teman Anda termasuk apa saja yang sudah Anda bagikan, entah itu foto, postingan, lokasi serta link tertentu. Pasalnya, banyak orang menyelidiki keamanan Anda via sosial media.

Network Cellular Hacking
Mungkin desktop PC Anda terlindungi anti-virus sehingga terbilang aman. Lalu bagaimana dengan smartphone Anda? Teknologi smartphone berkembang sedemikian pesatnya, namun masih terdapat banyak celah. Celah ini berupa semua data pribadi termasuk keuangan dimana sudah masuk dalam radar para penjahat dunia maya. Tidak main-main, mereka bisa memasukkan berbagi penipuan melalui klik atau bentuk cybercrime lainnya.

Botnets
Secara tidak langsung, PC dan smartphone Anda bisa menjadi sarang kumpulan malware berbahaya. Begitu virus berhasil melewati jaringan komputer dan smartphone, mereka akan menjalar tanpa ampun. Semua aplikasi yang terdeteksi dan dijerat. Botnets dikenal sebagai ancaman serius di dunia teknologi karena sering digunakan sekumpulan kelompok kriminal guna menyebarkan malware.

Financial malware
Hampir semua bank mempunyai sistem keuangan yang diwujudkan dalam aplikasi smartphone. Sayangnya, seseorang bisa saja membobol uang di rekening Anda serta meretas data-data pribadi dan instansi melalui virus financial malware. Memang perlindungan dari pihak institusi finansial cukup baik, tetapi kejahatan finansial ini juga kian canggih dan terorganisir. Waspadalah sebelum Anda menjadi korban.

Cyberwarfare
Ancaman serius di bidang teknologi yang terakhir, sebuah gabungan virus antara Duqu dan Stuxnet diciptakan untuk tujuan militer atau disebut cyberwarfare. Gabungan virus tersebut berfungsi mengambil data-data penting dan memanfaatkannya secara ilegal.**GP

SHARE