Snorkeling di Laut Tropis, Hindari 5 Hewan Ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Snorkeling di Laut Tropis, Hindari 5 Hewan Ini
Sopan Sopian | Relax

Saat berwisata ke sebuah pulau, snorkeling di laut menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Karena, dengan aktivitas tersebut, wisatawan bisa melihat baik itu keindahan laut maupun biota laut yang ada di dalamnya.

Snorkeling di laut - Male Indonesia Photo by Jakob Owens on Unsplash

Namun, ketika snorkeling di laut tentu ada beberapa hal yang patut diperhatikan demi keamanan dan ketentraman ekosistem laut itu sendiri, khususnya laut tropis. Seperti halnya hewan-hewan yang ada di dalamnya. Memang tidak semua hewan di laut bersifat agresif, namun hal itu terlepas dari hewan tersebut diganggu atau tidak.

Edy Prasetyo, penyelam khusus pembuat film dokumenter sempat menurutkan saat melakukan workshop bersama WWF Indonesia, bahwa hewan di laut sebenarnya memang tidak menyerang secara agresif, mereka tidak serta merta menyerang. Namun dengan catatan jika hewan-hewan tersebut tidak merasa terganggu. Jika terganggu, tentu mereka akan menyerang secara agresif. 

Untuk itu, Anda yang ingin mencoba snorkeling di laut tropis, ada beberapa hewan yang harus Anda hindari atau waspadai. Di antaranya sebagai berikut.

Lion Fish
Lion Fish merupakan spesies ikan laut beracun yang tergolong dalam genus Pterois. Ikan ini memiliki sirip belakang, panggul, dan anus yang berbisa, yang mampu menghantarkan toksin melalui luka tusukan pada korban. Nah, maka dari itu ada baiknya sebelum melakukan penyelaman perhatikan apa yang sudah di instruksikan oleh instruktur untuk tidak menyentuh apapun di dalam laut.

Baca Juga: Kepulauan Raja Ampat, Surga Karang yang Memukau

Barakuda
Barakuda merupakan hewan laut yang bersifat agresif  namun tak semuanya. Disarankan kepada para wisatawan yang melakukan aktivitas menyelam agar tidak memakai benda yang memiliki warna mengkilat seperti perhiasan karena dikhawatirkan hewan tersebut akan menyerang Anda. Hewan tersebut akan mengira benda yang mengkilat tersebut adalah makanan mereka.

Ubur-Ubur
Ubur-ubur juga bisa dikategorikan sebagai hewan laut yang berbahaya. Meskipun sekilas nampak terlihat hewan yang lemah namun ubur-ubur ketika menyengat dapat menghentikan pernapasan.

Belut Laut
Hewan laut yang satu ini memiliki habitat di dalam lubang karang. Jika Anda mencoba memasukkan tangan Anda kedalam lubang karang tersebut, belut laut ini akan memberikan peringatan sekali namun jika terus menerus mengganggu belut tersebut akan menggigit tangan Anda.

Hiu
Hampir seluruhnya hewan yang satu ini merupakan hewan predator tinggi namun tak semua hiu memiliki gigi yang kuat dan hanya memakan spesie ikan kecil. Sebenarnya hanya ada lima spesies hiu ganas yang menyerang manusia, 2 diantarnya adalah black tip shark dan white tip shark yang berada di perairan Indonesia.

Karena memiliki penglihatan  yang sangat buruk maka rata-rata kasus penyerangan hiu pada manusia terjadi pada perenang dan peselancar, yang dikira adalah mangsanya seperti anjing laut, penguin, atau ikan yang berenang lemah. ** (SS)

SHARE