5 Persiapan Agar Bersepeda Malam Hari Lebih Aman - Male Indonesia
5 Persiapan Agar Bersepeda Malam Hari Lebih Aman
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Bersepeda malam hari menjadi pilihan bagi sebagian kalangan urban untuk berolahraga. Selain padatnya kesibukan di siang hari, malam dipilih sebagai waktu bersepeda untuk menghindari kulit terbakar matahari.

Bersepeda malam hari - Male IndonesiaPexels.com

Bersepeda malam hari juga dapat merasakan sensasi berbeda ketika melewati sudut-sudut kota yang diterangi berbagai lampu kota yang menawan. Ditambah lagi, bersepeda di malam hari menjadi pilihan karena saat malam hari, jalanan kota tidaklah semacet siang hari. 

Akan tetapi, bersepeda di malam hari membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Saat bersepeda malam hari Anda harus melatih reaksi mata yang lebih awas, serta refleks dalam mengantisipasi hal-hal yg bisa terjadi dikarenakan keterbatasan pandangan mata. Selain itu, hal paling penting adalah keamanan. Maka dari itu, berikut hal persiapan agar bersepeda malam hari lebih aman

Pasang Lampu
Saat Anda ingin bersepeda malam hari, Anda membutuhkan lampu depan dengan cahaya putih yang dapat diatur dalam mode flashing dan lampu belakang berwarna merah. Lampu belakang tersebut juga dapat diatur dalam mode flashing. 

Selain itu, lampu depan juga sebaiknya memiliki visibility luas. Di mana memiliki dua fungsi, membuat Anda terlihat oleh pengguna jalan lain dari arah berlawanan dan untuk menerangi jalanan yang ada di depan Anda.

Gunakan Pencahayaan Pada Tubuh
Bersepeda malam hari juga Ada baiknya Anda untuk memasang pencahaan lain. Salah satunya pada tubuh Anda. Anda bisa mengenakan pakaian yang dapat memantulkan cahaya. Di keramaian lalu-lintas, rompi hi-viz atau pakaian yang reflektif membuat keberadaan seorang pesepeda lebih terlihat, seperti yang dilakukan lampu sepeda Anda. Pertimbangkan hal ini ketika Anda mengetahui akan sering bersepeda di malam hari.

Baca Juga: Ingin Membentuk Sixpack? Kayuhlah Sepeda

Tambahan lain dalam tubuh Anda, bisa juga menggunakan tambahan lampu pada helm Anda. Lampu pada helm ini adalah tambahan peralatan sejenis yang Anda tempatkan di handle bar. 

Fungsi dari tambahan lampu pada helm tersebut untuk membantu Anda melihat ke arah pandangan mata. Sehingga cahaya tidak terbatas ke mana arah cahaya tersebut. Pasang juga moving light, yang akan membuat keberadaan Anda makin disadari oleh pengguna jalan lainnya. 

Hindari Lampu LED
Menggunakan lampu depan yang terlalu menyilaukan akan mengganggu pengguna jalan dari arah berlawanan. Jika Anda menggunakan lampu dengan kekuatan pencahayaan seperti ini, pastikan sudutnya mengarah ke bawah, mengarah di jalan yang berada di bawah-depan sepeda Anda. 

Jika memungkinkan, turunkan kekuatan pencayaan lampu saat ada pengguna jalan lain yang bersimpangan dengan Anda. Lalu, apa bila lampu LED yang Anda gunakan untuk dipasang di helm Anda, hindari juga penggunaan yang berlebihan dan menyilaukan pengguna jalan lainnya. 

Persiapan Cadangan
Banyak hal yang tidak dapat terduga di malam hari, sehingga Anda perlu mempersiakan cadangan lampu belakang dan depan untuk sesuatu yang diluar dugaan. Anda mungkin tidak akan menggunakannya. Tetapi membawanya akan memberikan jaminan ‘keamanan’ pada aktivitas bersepeda di malam hari. 

Jika lampu yang Anda gunakan dioperasikan menggunakan baterai sebagai sumber daya, pastikan selalu membawa baterai cadangan untuk berjaga-jaga.

Cek Kondisi Sepeda
Pastikan sebelum berangkat bersepeda di malam hari, periksalah kondisi sepeda. Pastikan sepeda benar-benar dalam kondisi prima. Hal ini sangat penting dilakukan karena di malam hari tentu cukup sulit mencari bantuan jika sepeda mengalami masalah di tengah jalan. Pengecekan rem dan kondisi ban menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan.

Persiapan malam hari memang lebih ekstra, meski begitu tentu memiliki efek baik untuk Anda yang ingin menyalurkan hobi bersepeda Anda di malam hari. ** (SS)


 

SHARE