Benarkah Pendingin Udara dapat Merusak Rambut? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Benarkah Pendingin Udara dapat Merusak Rambut?
Gading Perkasa | Looks

Tak banyak dari pria mengetahui, bahwa beberapa hal yang mereka lakukan dapat merusak rambut. Salah satunya yaitu terlalu lama berada di ruangan berpendingin udara.

merusak rambut - male Indonesia Photo by Matthew Hamilton on Unsplash

Pada umumnya, seorang pria lebih memilih bersantai di dalam ruangan dengan air conditioner (AC) daripada berpanas ria di jalanan yang penuh asap polusi. Pendingin udara sudah menjadi bagian hidup dan sulit dilepaskan bagi kaum urban. Entah di kantor, mall, coffee shop bahkan di rumah sekalipun, ada pendingin udara guna menghasilkan kesejukan dan tidak kepanasan.

Akan tetapi, perhatikan juga rambut Anda. Ketika rambut menjadi kusam dan kering, alangkah baiknya Anda mematikan AC dan beranjak keluar. Besar kemungkinan penggunaan AC secara berkala merusak rambut. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

AC bekerja menarik uap air yang ada di udara dalam ruangan supaya dibawa keluar dan diganti dengan udara dingin. Proses ini membuat kelembapan ruangan menurun drastis. Minimnya kelembapan di lingkungan sekitar merupakan salah satu penyebab utama kekeringan pada rambut. Padahal, rambut membutuhkan kelembapan agar senantiasa sehat. Sehingga ruangan ber-AC berpotensi merusak rambut Anda.

Baca juga: Menjaga Kelembaban Kulit Pria di Musim Hujan

Rambut yang kering kemudian lebih mudah mengalami kerontokan. Hal itu akan bertambah parah jika Anda juga sering terpapar polusi udara, perubahan cuaca ekstrem dan sering terpapar bahan kimia.

Berkaitan akan hal tersebut, Mulai kurangi frekuensi dan durasi Anda di ruangan berpendingin udara. Keluarlah sebentar berjalan-jalan menghirup udara segar sekaligus memberikan waktu bagi kulit dan tubuh Anda untuk ‘bernapas’.

Sebagaimana dikutip dari Livestrong, menurut American Academy of Dermatology, perawatan yang baik dapat membantu menjaga kesehatan rambut serta mencegahnya dari kerontokan. Beberapa hal bisa Anda lakukan demi menjaga rambut tetap sehat. Antara lain:

  1. Mengurangi penggunaan produk yang berisiko merusak rambut, apalagi mengandung paparan panas cukup tinggi.
  2. Kurangi paparan AC serta sinar matahari pada rambut.
  3. Jangan terlalu sering keramas.
  4. Bagi pemilik rambut panjang, kurangi kebiasaan menguncir rambut secara ketat
  5. Tidak menyisir rambut dalam keadaan basah

Di luar kelima poin di atas, Anda juga bisa mengonsumsi air putih dengan teratur, setidaknya 8 gelas sehari. Hal ini dapat membantu menghidrasi tubuh serta menjaga rambut dan kelembapan kulit Anda.**GP

SHARE