Langkah Tepat Memilih Ukuran Kemeja Formal - Male Indonesia
Langkah Tepat Memilih Ukuran Kemeja Formal
MALE ID | Looks

Memiliki ukuran kemeja yang pas di pasaran terhitung tidak mudah. Apalagi kemeja yang Anda cari adalah kemeja formal. Karena kemeja yang ada dipasaran tentu tidak memiliki ukuran kemeja khusus untuk Anda, sehingga lebih memiliki ukuran standar. 

ukuran kemeja - male Indonesiapixabay.com

Sehingga tidak sedikit pula pria pergi ke tempat jahit untuk membuat ukuran kemeja formal sendiri. Mungkin jika ingin sabar dan terus mencari akan menemukannya, namun itu tentu memakan waktu yang cukup lama. Anda harus benar-benar mengunjungi setiap toko penjual kemeja formal. 

Namun, langkah terbaik jika malas untuk membeli bahan atau datang ke tempat jahit, ada beberapa langkah singkat untuk menentukan ukuran kemeja formal Anda. Langkah ini bisa dibilang efektif, karena menentukan ukuran kemeja tidak begitu sulit. Mengutip dari beberapa sumber, berikut langkah singkat yang perlu Anda catat.

Mengukur Leher
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menentukan ukuran kemeja formal adalah mengukur leher. Anda bisa mengambil pita ukur (meteran) dan ukur lingkar leher Anda pada bagian yang biasa untuk tempat jatuhnya kerah. Tambahkan 1.5 inchi dari hasil ukur Anda tersebut, kemudian ukuran tersebut di bulatkan ke atas. Misal 16,3 di bulatkan menjadi 16,5 inchi. Hal ini agar kerah kemeja Anda tidak mencekik leher Anda.

Mengukur Panjang Lengan
Setelah itu, Anda dapat mengukur panjang lengan. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat minta bantuan teman untuk mengukur panjang lengan Anda. Berdiri tegak, tangan di letakkan di samping dengan rileks. Ukur dari pangkal leher sampai ke pergelangan tangan, pastikan pita ukuran jatuh datar pada bahu dan lengan. Dari hasil ukur yang di peroleh, tambahkan 1 inchi lalu bulatkan keatas.

Baca Juga: Tampil Santai dengan Mengenakan Kemeja Putih

Mengukur Pinggang
Mengkur bagian pinggang adalah hal penting. Karena ini perlu Anda lakukan jika pada kemeja yang ingin Anda beli memberikan informasi ukuran pinggang. Berdiri dan ukur lingkar pinggang Anda, lalu tambahkan 1,5 inchi dari hasil ukurnya.

Pilih Cuttingnya
Cutting athletic cut umumnya slim dan mengecil pada bagian pinggang, sedangkan regular cut sedikit lebih renggang. Tanyakan kepada pramuniaganya, apa beda jenis-jenis cutting pada mereknya, dan pilih yang Anda mau.

Nah, catatan di atas bisa Anda lakukan dan perlu Anda catat baik-baik agar jika membutuhkan kemeja baru, Anda telah memiliki catatan sendiri mengekai ukuran tubuh Anda. Tetapi, jika tubuh Anda tidak mengalmi perubahan, seperti lebih kurus atau bahkan mengalami kegemukan. ** (SS)

SHARE