Kuliner Legendaris dari Negeri Para Mafia - Male Indonesia
Kuliner Legendaris dari Negeri Para Mafia
MALE ID | Relax

Saat ditanyai perihal kuliner legendaris yang berasal dari tanah Italia, apa jawaban Anda? Pizza, Spaghetti beserta beragam pasta atau sebongkah keju segar? Ya, itulah jawaban yang mungkin terlintas di benak sebagian besar masyarakat.

kuliner legendaris male indonesia 1
Luca Nebuloni

Meski demikian, sebenarnya Italia mempunyai sejarah sebagai negeri penghasil nasi terbesar di benua biru. Dilansir dari situs Conde Nast Traveler, butiran beras pertama kali muncul di Negeri Don Juan pada abad ke-13, melalui orang-orang Moor yang mengenalkannya ke kawasan Sisilia.

Dari kota tersebut, hasil panen kemudian berhasil disebarluaskan hingga ke Naples dan tumbuh subur di tanah Milan. Menurut Andrea Oschetti selaku koki di balik Blueflower, warga Milan telah menyempurnakan cara memasak nasi dan menghasilkan risotto. “Sajian ini selalu dihadirkan di atas meja,” tutur Oschetti.

Risotto dibuat dengan tambahan kunyit kuning muda dan sedikit sumsum tulang. Maka jadilah risotto ala Milanese sebagai makanan pokok yang wajib hadir di setiap menu tradisional.

Baca juga: Restoran Terbaik Dunia Menurut Wisatawan

Kuliner legendaris yang mendunia ini merupakan hidangan sederhana jika menilik proses pembuatannya. Setiap piring risotto hanya membutuhkan kaldu besar, nasi, keju parmesan serta sedikit mentega. “Namun yang tak boleh ketinggalan dari risotto ala Milanese adalah sumsum tulang," kata Oschetti.

kuliner legendaris male indonesia 2
Tamorlan

Salah satu restoran yang direkomendasikan oleh Oschetti guna menyantap risotto yaitu Gualtiero Marchesi. Sebagai chef pertama non kebangsaan Prancis yang mendapat gelar Michelin Chef bintang tiga, Marchesi berhasil mengantarkan risotto naik kelas.

Restoran kedua rekomendasi Oschetti adalah Ristorante Olmetto. Lokasinya berada di dalam Palazzo Brivio Sforza, hanya beberapa blok di sebelah barat daya Katedral Duomo. Risotto di sini didatangkan dengan pilihan potongan daging sapi muda atau osso bucco.

Bergeser ke arah selatan, tepatnya di distrik kanal Navigli, Milan, Anda bisa menemukan restoran El Brellin yang telah mengembangkan risotto ala Milanese. Ketika mendatangi restoran ini Anda akan disuguhi pemandangan berupa tepian laut nan indah dan interior tradisional.

Sedangkan di sisi utara, terdapat restoran bernama Ratana yang menyajikan hidangan risotto kuning khas Milan dan bisa disantap untuk empat orang. Oschetti bahkan selalu menyempatkan diri datang ke restoran tersebut bersama keluarga ketika berada di kota Milan.

Sebagai teman menyantap hidangan kaya rasa seperti risotto ala Milanese, anggur merah seperti Oltrepò Pavese Bonarda Vivace dari pembuat anggur regional Defilippi - I Gessi sangat cocok sebagai pendamping. Jika MALEnials berniat bepergian ke Italia dan mencicipi kuliner legendaris bernama risotto, sangat disarankan agar Anda menyantapnya dengan menggunakan sendok. Karena itu sudah menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Italia.**GP

SHARE