Mengucap Kata Maaf, Tidak Lengkap Tanpa Hal Ini - Male Indonesia
Mengucap Kata Maaf, Tidak Lengkap Tanpa Hal Ini
MALE ID | Relationships

Kami yakin setiap dari Anda pernah mengucap kata maaf kepada seseorang setidaknya sekali seumur hidup. Ya, kata maaf merupakan bentuk penyesalan terhadap orang atau pihak yang Anda rugikan.

mengucap kata maaf - male Indonesia
pixabay.com

Sejak dulu, Anda pasti telah diajarkan agar melakukan hal-hal baik. Akan tetapi, manusia adalah makhluk yang tak luput dari salah dan dosa. Maka dari itu, setelah membuat kesalahan tiap orang senantiasa mengucap kata maaf.

Pertanyaan besar pun muncul. Apakah maaf hanya sebatas kata-kata semata? Tentu tidaklah demikian. Lantas apa saja yang perlu Anda lakukan setelahnya? Dilansir dari Your Tango, inilah empat tindakan nyata bahwa Anda benar-benar sadar dan menyesali perbuatan Anda terhadap orang lain.

Baca juga: Rahasia Ucapan Wanita: Aku Tidak Apa-Apa

Mengakui Kesalahan
Permintaan maaf yang Anda ucapkan tentu berkaitan dengan kesalahan tertentu. Mengakui Anda telah melakukan kesalahan tersebut merupakan hal terpenting dalam proses meminta maaf. Ini adalah sikap yang membuat ucapan Anda bermakna sangat tulus. Selain itu, sampaikan juga maaf atas akibat yang timbul pada orang yang Anda rugikan. Menyampaikan empati pada kondisi ‘korban’ beserta perasaannya juga penting.

Menjelaskan Penyebabnya
Setelah Anda mengakui bahwa tindakan Anda 100% salah, jelaskan mengapa hal itu bisa terjadi. Sampaikan penjelasan secara jujur tanpa maksud mencari alasan sebagai pembenaran. Dengan begitu, ia pun mempunyai gambaran lebih jelas atas apa yang sebenarnya terjadi. Mengucap kata maaf tidak terasa sia-sia, kan?

Tunjukkan Penyesalan
Tidak ada yang lebih buruk dari permintaan maaf tidak tulus atau terkesan dipaksakan. Ketulusan maaf Anda bisa tampak dari perasaan menyesal Anda. Rasa penyesalan mengindikasikan dua hal, pertama Anda tahu bahwa perbuatan Anda adalah sebuah kesalahan besar dan yang kedua Anda betul-betul menyesal telah melukai dirinya. Di samping itu Anda turut merasa sangat menderita atas dampak yang ditimbulkan.

Tawarkan Solusi Kepadanya
Saat ketiga hal di atas telah Anda lakukan, langkah terakhir yaitu tawarkan solusi kepada orang yang Anda lukai. Ini merupakan bentuk tanggung jawab dari perbuatan Anda. Ketimbang hanya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, solusi serta menyelesaikan masalah secara tuntas akan lebih baik dan dapat diterima oleh si dia. Bukankah seorang pria bisa dilihat dari bagaimana cara ia bertanggung jawab, MALEnials?**GP

SHARE