Kode Menghentikan Penyadapan di Smartphone | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kode Menghentikan Penyadapan di Smartphone
Sopan Sopian | Digital Life

Penyadapan di era digital sudah tidak aneh lagi. Bahkan penyadapan di era internet yang muda didapat ini bukan lagi perkara sulit. Karena telah banyak software untuk menyadap ponsel yang ada. Selain adanya software, trik-trik pun betebaran untuk dapat menyadap ponsel seseorang.

penyadapan-male-indonesiapixabay.com

Aplikasi telepon pintar yang rawan disadap adalah aplikasi-aplikasi yang diunduh pengguna bukan dari sumber resmi, semisal Play Store dari Google untuk smartphone berbasis Android atau App Store dari Apple untuk iPhone. Selain itu, sebagaimana diwartakan Mashable, NSA diketahui telah menyadap 160.000 percakapan, 120.000 pesan instan atau SMA, 22.000 e-mail, dan menyadap 4.000 pesan di 11.400 akun media sosial. 

Angka-angka tersebut diperoleh dari bocoran seorang bernama Edward J. Snowden, kontraktor teknisi yang dipekerjakan NSA. Namun, dari laporan transparansi, NSA mengklaim bahwa mereka hanya menyadap 90.000 target di tahun 2013.

Ditambah lagi, Dorka Palotay, peneliti di SophosLabs mengungkapkan ransomware (sejenis malware yang intinya mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar) tidak hanya dapat menyerang komputer tetapi juga smartphone berbasis Android. Lebih-lebih dapat menembus semua platform. Lalu bagaimana dapat mengentikan dan terhindar dari penyadapan? Berikut kode yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui dan menghentikannya.

Kode *#21: Untuk Mengecek Penyadap
Kode *#21 ini merupakan kode yang sangat berguna. Karena kode rahasia smartphone ini berguna untuk mengetahui apakah ada pengalihan panggilan aktif atau tidak di smartphone Anda. Jika kamu tidak merasa mengaktifkan pengalihan panggilan tapi layanan ini aktif, maka bisa dipastikan ada pihak yang sedang menyadap.

Baca Juga: Dampak Penggunaan Smartphone di Keseharian

Jika ingin mencobanya, Anda bisa ketikkan kode * # 21 #, lalu tekan tombol panggil. Tak lama kemudian, akan muncul jika layanan pengalihan panggilan pada ponsel Anda aktif atau tidak.

Kode  ##002: Untuk Menghentikan Penyadap
Anda tidak hanya dapat mengetahui hanya status pengalihan, tapi Anda juga bisa membatalkan transfer panggilan di telepon Anda. Dengan begitu, seseorang yang mencoba membuat smartphone tapping tidak akan bisa menemukan panggilan masuk ke smartphone Anda.

Untuk melakukan pembatalan pengalihan panggilan di ponsel, coba kamu ketikkan ##002# dan langkah selanjutnya yakni menekan tombol Call. Setelah mengetikkan angka dan kemudian tekan Call, beberapa detik kemudian akan muncul proses MMI yang berjalan sampai selesai. ** (SS)

SHARE