Mengintip Biaya Sekali Kecelakaan MotoGP | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengintip Biaya Sekali Kecelakaan MotoGP
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Selain deretan wanita seksi atau kerap disebut umbrella girls, deretan kecelakaan motoGP pun kerap menghiasi olahraga yang identik dengan biaya yang fantastis ini. Bahkan, untuk sekadar menangani kecelakaan, biaya yang harus dikeluarkan begitu besar.

kecelakaan motoGP - Male IndonesiaNicholas Weaver/wikimedia

Untuk olahraga seperti MotoGP, kecelakaan menjadi sesuatu yang sangat akrab. Hampir di setiap seri selalu ada pembalap yang mengalami kecelakaan atau sekadar terjatuh. Apalagi jika balapan harus berlangsung di lintasan basah.

Menurut kepala teknisi MotoGP dari tim LCR Honda, Christophe Bourguignon, memperkirakan bahwa kecelakaan di MotoGP dapat menelan biaya antara 15 ribu hingga 100 ribu euro atau sekira Rp239 juta – Rp1,5 miliar. Alhasil, tim bisa dibilang akan tekor jika sang rider mengalami kecelakaan saat berkompetisi.

Bourguignon juga menjelaskan bahwa biaya yang harus dikeluarkan LCR untuk menyiapkan motor berkisar 2 juta Euro, atau sekitar Rp 31 miliar. Biaya akan bertambah untuk penggantian komponen yang rusak selama pemakaian. Biaya sebesar itu berlaku untuk tim satelit semacam LCR. Bagi tim pabrikan, biaya yang harus dikeluarkan untuk menyiapkan motor MotoGP bisa 2 kali lipat.

Baca Juga: Empat Duel Sengit Velentino Rossi di MotoGP

Bahkan, hanya untuk satu set rem karbon, tim MotoGP harus merogoh kocek hingga 10.000 euro (Rp 157,5 juta). Jika motor terjatuh di area kerikil dan ada serpihan batu di cakram, tim harus menggantinya dengan yang baru karena cukup berisiko. Selain rem, komponen lain yang begitu rawan rusak adalah velg. Untuk velg magnesium bisa seharga 4.000 euro (Rp 62,8 juta). Sayangnya, ban Michelin tak seperti Bridgestone yang melindungi velg jika terjadi kecelakaan.

Melihat rincian di atas, biasa dibayangkan berapa biaya yang dihabiskan Repsol Honda untuk memperbaiki motor Marc Marquez. Seperti diketahui, The Baby Alien mengalami 27 kali kecelakaan sepanjang musim lalu (2016). Jika diambil rata-rata minimal saja atau biaya 15.000 euro per kecelakaan, Marquez membuat Repsol Honda menghabiskan biaya hingga 405.000 euro (Rp 6,38 miliar). 

Tentu, jika Bourguignon berkata jujur, biaya yang dihabiskan Repsol Honda untuk kecelakaan Marquez jauh lebih besar dari ini. Selain Marc Marquez di tahun 2016 juga tercatat Cal Crutchlow  mengalami kecelakaan sebanyak 26 kali dalam balapan maupun latihan. Bayangkan besarnya kerugian tim Honda tersebut. ** (SS)

SHARE