Olahraga asal Brasil yang Berikan Banyak Manfaat | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Olahraga asal Brasil yang Berikan Banyak Manfaat
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Tari capoeira atau biasa disebut tari kapuer adalah olahraga asal Brasil yang cukup populer di Indonesia. Diciptakan oleh para budak dari Afrika dan Brasil, sekitar 1500 tahun lalu. Rupanya, tarian yang juga seni bela diri indah ini punya banyak sekali manfaat. Benarkah begitu?

olahraga asal brasil male indonesia Turismo Bahia/flickr

Ya. Capoeira sangat berguna bagi kesehatan tubuh serta membantu mengencangkan beberapa bagian pada tubuh. Gerakannya mencakup jungkir balik, berputar dan menendang dimana semua itu dilakukan sebagai tarian.

Di samping itu, olahraga asal Brasil ini sangat baik dan bermanfaat untuk kepribadian Anda. Dengan berlatih capoeita secara teratur, maka Anda akan memperoleh keuntungan sebagai berikut:

Baca juga: Manfaat Olahraga Paralayang Terhadap Kesehatan

Mengurangi Stres
Ketika Anda melakukan tarian atau gerakan capoeira bersama musik yang menyenangkan, maka tubuh dan pikiran dapat merasakan sensasi nikmat akibat hormon endorfin.

Stamina
Seni capoeira melibatkan otot dalam dengan cara yang unik. Semua rutinitas membutuhkan banyak energi berdasarkan faktor pengulangan gerakan. Capoeira cocok sebagai latihan cardio secara intens. Hasilnya? Meningkatkan otot dan kardiovaskuler ketahanan tubuh serta stamina.

Sumber Kekuatan
Seni olahraga asal Brasil ini memerlukan banyak gerakan tubuh bagian atas. Di antaranya sekitar tangan selama headstands, berguling dan masih banyak lagi. Gerakan-gerakan tersebut melibatkan gerakan inti yang nantinya menghasilkan kekuatan tubuh sempurna.

Kecepatan
Dalam melakukan capoeira, Anda dapat melakukan gerakan mulus dalam jumlah waktu begitu singkat. Sebagai gerakan seni bela diri, hal ini menjadikan Anda merespon jauh lebih baik dimana tubuh lebih gesit saat menirukan gerakan orang lain.

Keseimbangan
Tari capoeira mengajarkan tubuh kita agar dapat mengontrol gerakan yang kompleks dan lebih seimbang ketika Anda sedang menerapkan gerakan bela diri capoeira.

Koordinasi
Ini manfaat terakhir jika Anda rutin berolahraga capoeira. Semua gerakan yang terkoordinasi secara baik dapat menghasilkan gerakan cepat dan lancar namun tetap indah. Tubuh anda lebih terkoordinasi serta mampu merasakan irama yang dirasakan.

Enam manfaat dari seni capoeira di atas bisa Anda coba demi menjaga kesehatan tubuh dan membentuk otot. Sekaligus menenangkan pikiran agar lebih rileks dan memberikan stamina secara optimal. Bila sudah demikian, tentu bukan tidak mungkin nantinya kaum hawa gelisah memandangi Anda tanpa henti. Tunggu apalagi, MALEnials?**GP

SHARE