Sarana Investasi yang Menguntungkan untuk Anda - Male Indonesia
Sarana Investasi yang Menguntungkan untuk Anda
MALE ID | Works

Banyak sarana investasi yang bisa Anda gunakan untuk meniti masa depan yang lebih cerah. Apalagi jika Anda baru saja memasuki dunia kerja atau baru mendapatkan jabatan yang dapat menyisihkan penghasilannya untuk berinvestasi.

Sarana Investasi - male Indonesiapixabay.com

Lebih dari itu, bagi Anda yang masih single. Berinvestasi dirasa menjadi kegiatan yang menguntungkan bagi diri sendiri dan masa depan. Kesempatan ini bisa jadi peluang emas untuk memupuk harta karena tidak ada yang perlu dibiayai selain diri sendiri. 

Investasi juga bisa menjadi instrumen untuk Anda dalam mengelola keungan dengan lebih baik. Fakta membuktikan kalau investasi mendatangkan banyak keuntungan, apalagi jika dimulai sejak dini. Lalu apa saja sarana investasi untuk Anda yang bisa menjadi pilihan? Berikut di antaranya.

Properti
Sarana investasi ini bisa dari Rumah hingga Apartemen. Investasi properti menjadi salah satu investasi yang banyak dilirik. Karena harga properti yang semakin mahal membuat orang berlomba-lomba untuk mengumpulkan aset dalam bentuk properti. Selain itu, harga properti yang sangat mahal menjadi hambatan orang untuk ikut berkecimpung di investasi ini. Bayangkan, harga satu unit properti bisa mencapai Rp 300 juta. Siapa yang sanggup? Ditambah lagi penghasilan setiap bulannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika ingin menempatkan dana di investasi properti, Anda perlu menyisihkan penghasilan Anda mulai dari sekarang. Sisihkan kurang lebih 15% dari pendapatan untuk membeli properti. Sisihkan pendapatan secara rutin agar semakin cepat memperoleh properti yang diinginkan.

Emas
Investasi emas ini sebenarnya bisa dikatakan: lambat, tapi Pasti. Emas menjadi salah satu sarana investasi yang kebal terhadap inflasi. Karena itu, banyak orang yang berinvestasi ke emas. Jenis emas yang diinvestasikan bukanlah emas dalam bentuk perhiasan, melainkan emas yang berbentuk batangan.

Baca Juga: 4 Cara Freelancer dapat Membeli Rumah Idaman

Harga emas juga cenderung naik setiap waktu mengikuti kurs mata uang dan aktivitas ekonomi dunia. Saat keadaan perekonomian bagus, harga emas akan normal. Saat terjadi inflasi, harga emas akan naik berkali-kali lipat. Walaupun harga emas batangan terbilang mahal, tidak perlu putus asa. Anda dapat membeli emas dengan modal pas-pasan lewat tabungan emas yang diselenggarakan Pegadaian.

Deposito
Sarana investasi berikutnya ini cukup sederhana,  yaitu untung dari sekadar menabung. Bagi Anda yang masih berusia di bawah usia matang, berinvestasi pada deposito sangatlah cocok. Instrumen investasi ini sangat cocok dengan karakter Anda yang baru saja masuk dunia kerja atau mendapatkan posisi yang menguntungkan. Jika dibandingkan dengan sarana lainnya, deposito termasuk investasi yang paling aman.

Apalagi jangka waktu deposito sangat bervariasi, Sehingga bisa merasakan keuntungan investasi dengan cepat. Tingkat keuntungan yang didapatkan dari investasi deposito sebenarnya sangatlah kecil, sesuai dengan tingkat risikonya. Namun, deposito bisa menjamin masa depan dan hari tua. Apalagi karena dananya yang likuid, artinya cepat berkembang.

Reksa Dana
Sarana investasi yang juga menarik adalah reksa dana. Dana yang dimasukkan ke reksa dana akan dikelola Manajer Investasi (MI). Dengan begitu, keuntungan dan kerugian investasi tergantung pada kemahiran MI itu sendiri. Sebelum bergabung ke investasi reksa dana, pilihlah Manajer Investasi (MI) dengan catatan rekor investasi yang baik. 

Hal ini sangat berguna untuk meminimalkan kerugian dari uang yang diinvestasikan. Dari segi keuntungan, bisa dikatakan dana di reksa dana terbilang likuid. Karena itu, jangan ragu untuk bergabung di reksa dana. Apalagi Anda hanya perlu menyerahkan jumlah uang yang diinvestasikan tanpa ikut campur tangan secara langsung pada pengelolaannya.

Saham
Sarana investasi ini memiliki keuntungan yang cukup besar. Tetapi Anda juga harus mengingatnya, dibalik keuntungannya yang besar, juga memiliki risiko yang besar pula. Investasi yang satu ini sedikit menguras tenaga dan pikiran karena Anda berindak sebagai pengelola dari apa yang diinvestasikan. Tingkat keuntungan atau kerugian yang diterima ada di tangan Anda.

Oleh sebab itu, investasi saham hanya diperuntukkan bagi yang sudah menguasai teknik trading dengan bagus. Selain itu, perlu juga pemahaman mengenai menggunakan aplikasi trading untuk memudahkan aktivitas penjualan dan pembelian saham. ** (SS)

SHARE