Mengatasi Rasa Cemas Saat Menikmati Liburan - Male Indonesia
Mengatasi Rasa Cemas Saat Menikmati Liburan
MALE ID | Relax

Setiap orang tentu akan mengalami yang namanya rasa cemas saat liburan. Tidak ada seorang pun yang dikenal dan tahu arah tujuan tentu membuat seseorang merasa cemas. Kecemasan itu berupa rasa takut akan keselamatan, keamanan, atau rasa ketidaknyamanan saat berlibur di tempat yang baru pertama kali dikunjungi. 

rasa-cemas-male-IndonesiaPixabay.com

Selain itu, bagi seseroang yang kerap merasakan kecemasan dalam hidupnya, cenderung mengalaminya di hampir sebagian besar waktunya. Tak terkecuali saat liburan. Meski liburan adalah salah satu cara untuk menenangkan diri, mereka yang memiliki gangguan kecemasan tetap akan merasakan cemas saat liburan. Bagi Anda yang kerap mengalami rasa cemas saat liburan, berikut cara mengatasinya.

Bernapas
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah bernapas, Ini adalah cara paling mudah untuk menenangkan diri dan pikiran. Bernapaslah perlahan hingga Anda merasa tenang. Ambil napas dalam setiap hari untuk mengurangi kecemasan yang sering Anda rasakan. Caranya ambil napas dalam-dalam, hitung sampai tiga, lalu hembuskan secara perlahan.

Dengarkan Musik
Selain ampuh mengusir rasa bosan, musik juga ampuh mengusir cemas saat liburan. Maka dari itu, buat daftar putar musik favorit Anda sebelum bepergian ke destinasi yang dituju, sehingga dapat menenangkan diri selama perjalanan.

Tuliskan Semua Hal yang Membuat Cemas
Tuliskan daftar hal yang membuat Anda sering merasa cemas. Tuliskanlah seperti Anda akan berbelanja di sebuah toko. Tulis apa saja yang mengganggu pikiran Anda, meski itu hanya hal kecil. Kemudian Anda bisa memberikannya kepada terapis sebelum travelling.

Baca Juga: Cara Sederhana Atasi Mabuk Laut Saat Traveling

Hindari pemicu Rasa Cemas
Sebelum berangkat, tuliskan beberapa pemicu Anda mengalami kecemasan. Hal ini bisa dilakukan untuk meminimalisir kecemasan Anda saat berada di tempat tujuan. Jika Anda sering cemas di tempat sepi, maka hindari tempat-tempat sepi di kota tersebut. Jika Anda cemas di tempat yang sesak, maka hindarilah tempat itu. Anda bisa mencari tahu lebih dulu tentang tempat-tempat yang bisa menenangkan Anda.

Katakan pada Orang Lain
Mungkin Anda tidak nyaman menceritakan tentang kecemasan Anda pada orang lain. Namun hal ini justru bisa membantu mengurangi kecemasan Anda. Setelah membaginya dengan orang lain, Anda memiliki kekuatan di dalam pikiran untuk menghilangkan rasa cemas.

Olahraga Teratur
Tak ada salahnya untuk melakukan olahraga sebelum menjelajah atau perjalanan, terutama jika ingin mendaki gunung. Sebab, olahraga dapat membantu memperlancar aliran darah dan membantu meringankan kegelisahan. ** (SS)

SHARE