Benarkah Pria Urban Dihantui Penyakit Hipertensi? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Benarkah Pria Urban Dihantui Penyakit Hipertensi?
Gading Perkasa | Sex & Health

Penyakit hipertensi atau lebih dikenal tekanan darah tinggi sejatinya merupakan salah satu penyakit yang dapat menimpa siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Bahkan dari hasil beberapa penelitian, hipertensi menempati barisan atas sebagai penyakit yang mempunyai jumlah penderita terbanyak di dunia.

penyakit-hipertensi-male-Indonesiapixabay.com

Bukan hanya itu, penyakit hipertensi juga sangat erat kaitannya dengan risiko stroke, diabetes hingga jantung. Maka sangatlah penting menjaga pola hidup dan makan secara teratur demi terhindar dari risiko tersebut, khususnya bagi kaum adam. Mengapa demikian?

Dilansir dari situs boldsky.com, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa penyakit hipertensi pada saat ini berisiko lebih besar terhadap orang-orang yang tinggal di kota besar, terutama para pria. Ilmuwan menemukan, pria perkotaan berusia 30-an memiliki risiko hipertensi dua kali lipat lebih tinggi daripada pria yang tinggal di pedesaan.

Baca juga: Berbahayakah Konsumsi Keju Berlebih bagi Pria?

Risiko itu akan terus mengalami peningkatan, mengingat gaya hidup pria kota dari hari ke hari semakin memburuk. Kurangnya olahraga, terlalu banyak duduk ketika bekerja, konsumsi makanan yang tidak sehat, stres disertai tekanan begitu berat menjadi penyebab utama mengapa pria urban cenderung lebih rentan terserang hipertensi.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang diterbitkan di Indian Council of Medical Research (ICMR) India, faktor gaya hidup pria di perkotaan yang segala sesuatunya bersifat serba instan membawa dampak besar terhadap kesehatan. Gaya hidup tersebut akan berpengaruh pada tekanan darah dan kesehatan fisik.

Karena lebih banyak duduk di depan komputer saat bekerja di kantor, pria perkotaan menjadi gemar akan hal-hal serba instan. Semisal mengonsumsi makanan instan tanpa memperhitungkan berapa banyak kandungan gizi di dalamnya. Padahal, makanan instan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kondisi ini diperparah oleh kebiasaan merokok, minuman beralkohol dan sering tidur larut larut malam. Belum lagi cuaca dingin yang menerpa tubuh pada malam hari. Alhasil, penyakit hipertensi tak terelakkan lagi.

Demi terhindar dari segala risiko hipertensi meski hidup di perkotaan, peneliti menyarankan supaya pria urban mencegahnya dengan memiliki pola hidup sehat. Hal itu meliputi perhatian penuh terhadap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, punya waktu istirahat cukup juga olahraga secara teratur. Hidup sehat tentu penting. Benar kan, MALEnials?**GP

SHARE