Trik Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Trik Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus
Sopan Sopian | Digital Life

Pesan WhatsApp yang dihapus kadang memang membuat penasaran. Baik isi dan mengapa seseorang mengapusnya. Rasa jengkel pun kadang menyelimuti. Apalagi pasangan yang mengirim pesan terus menghapusnya. Banyak pertanyaan dalam benak saat pesan WhatsApp itu dihapus.

Pesan WhatsApp yang dihapus - Male Indonesia
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Untuk menjawab rasa penasaran itu, ternyata pesan WhatsApp yang dihapus kini bisa dilihat. Mengutip halaman Android Pit, untuk dapat melihat pesan WhatsApp yang dihapus harus memasang aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Noitification History dan Notif Log notification history.

Notification History sendiri adalah aplikasi ini akan merekam semua notifikasi yang masuk, termasuk pesan dari operator (USSD), SMS, pesan dalam grup chating seperti WA, pesan pop up, instalasi atau update aplikasi. Semua rekaman itu bisa dibaca kapan saja, karena sudah berbentuk dokumen.

Kemudian, untuk Notif Log notification history adalah aplikasi salinan fungsional dari semua notifikasi Anda sehingga Anda tahu persis apa yang terjadi setiap saat. Mungkin secara tidak sengaja  mengklik atau menolak pemberitahuan, namun merasa perlu beberapa saat kemudian. Apalagi Notifikasi datang dan pergi, terkadang misterius di tengah malam, hanya lenyap beberapa saat kemudian.

Baca Juga: Prynt Case, Saatnya Smartphone Cetak Photo

Langkah dari kedua aplikasi tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan izin kepada aplikasi yang dipakai untuk mengakses notifikasi pada ponsel. Dari kedua aplikasi itu, sebebarnya memiliki fungsi yang sama, namun dengan tampilan yang berbeda. Setelah semua izin notifikasi diberikan, Anda bisa memeriksa setiap notifikasi yang masuk termasuk pesan yang telah dihapus di WhatsApp.

Pengguna WhatsApp dapat Menghapus Pesan Lebih dari 7 Menit
Selain bisa mengintip pesan yang telah terhapus, Anda juga bisa menghapus pesan yang telah dikirim lebih dari 7 menit. Sebagaimana diketahui WhatsApp membatasi durasi pesan yang terkirim jika Anda ingin menghapusnya. Berikut ini caranya:

Matikan Koneksi Data
Aplikasi WhatsApp tentu tak akan berjalan jika Anda tak menggunakan data yang menghubungkan smartphone ke internet. Namun jika Anda ingin menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim lebih dari 7 menit, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menonaktifkan data seluler Anda baik mobile maupun menggunakan WiFi.

Matikan WhatsApp
Langkah ini bukan berarti Anda harus meng-uninstall WhatsApp. Anda hanya diperlukan untuk menutup laman aplikasi WhatsApp.

Ubah Tanggal Ponsel
Anda harus mengubah tanggal ponsel Anda sebelum pesan yang Anda ingin hapus terkirim, jika ingin menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim lebih dari 7 menit. Langkah ini secara mudah bisa Anda lakukan dengan membuka menu pengaturan tanggal.

Pilih Pesan yang Ingin Dihapus
Setelah mengubah tanggal ponsel, buka kembali aplikasi WhatsApp yang telah terinstal di ponsel Anda. Pilih pesan yang ingin Anda hapus, kemudian lakukan tahapan untuk menghapus pesan. Caranya dengan menyentuh dan menahan pesan, kemudian pilih opsi hapus yang ditandai dengan ikon tang sampah.

Atur Ulang Tanggal Ponsel
Jika semua tahapan diatas telah Anda lalui, atur kembali tanggal ponsel Anda untuk mengembalikannya ke kondisi sebelumnya.

Hubungkan Ponsel ke Data Seluler
Hubungkan kembali ponsel Anda ke jaringan internet dengan menghidupkan data seluler. Begitu ponsel terhubung kembali ke internet, pesan WhatsApp yang terkirim lebih dari 7 menit tadi akan terhapus. ** (SS)

SHARE