Tips Memilih Helm Sesuai Jenis Motor Anda | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tips Memilih Helm Sesuai Jenis Motor Anda
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Anda sedang dipusingkan dalam memilih helm berkendara? Tenang, Anda tidak sendirian. Mayoritas orang khususnya pria cenderung mengalami kesulitan saat dihadapkan pada kondisi seperti Anda.

memilih-helm-Male-IndonesiaPixabay.

Sebagaimana telah diketahui sebelumnya, memilih helm ternyata tidak semudah perkiraan secara umum. Selain harus mengikuti peraturan yang berlaku, para pengendara juga wajib menyesuaikan helm dengan kebutuhan termasuk jenis sepeda motornya.

Pada dasarnya, helm memiliki beberapa model yang memberikan keuntungan masing-masing. Simak tips cerdas dalam memilih helm berikut ini, seperti dilansir laman Cycleworld:

Baca juga: Memilih Kacamata Berkendara, Jangan Sampai Keliru

Open Face Helmet

memilih-helm-Male-Indonesia
Kallerna/Wikimedia
Open face helmet juga dikenal dengan helm 3/4 dan sangat sesuai bagi pengendara yang tak ingin bagian kepala dan wajahnya dikekang saat menunggang roda dua. Terbukanya helm menjadi masalah, karena pengendara bisa terpapar debu secara langsung.

Full Face Helmet

memilih-helm-Male-Indonesia

Rich/flickr.com

Merupakan helm yang memberikan perlindungan paling baik dan tidak berisik karena sempitnya ruang pada helm. Bukan itu saja, helm full face berfungsi melindungi mata dan wajah pengendara secara maksimal karena dilengkapi kaca penutup wajah. Kekurangan helm ini yaitu banderol harga lebih mahal dibandingkan helm model lain dan bisa membuat leher menjadi kaku.

Modular Helmet

memilih-helm-Male-Indonesia
AndroidCat/wikimedia

Juga dikenal dengan nama flip-up helmet. Modelnya adalah perpaduan antara full face dan open face helmet, dimana bagian rahang bawah fleksibel dan bisa dibuka. Bagian bawahnya membuat banyak pengendara menyukai helm ini lantaran mereka mudah berkomunikasi. Namun segi keamanan dari bagian yang bisa dibuka tersebut belum diteliti lebih lanjut.

Motocross/off-road Helmet


Kallerna/wikimedia

Motocross helmet sengaja tidak menyediakan lapisan kaca atau windshield. Tujuannya agar pengguna bisa memakai goggle atau kacamata. Karena dikhususkan untuk off-road dan motocross, helm ini memiliki fitur keamanan lebih baik terutama pada bagian dagu disertai bentuk lebih panjang. Di samping itu juga terdapat visor sebagai penghalang sinar matahari dan pelindung saat melewati dedaunan atau ranting pohon. Kelemahan motocross helmet adalah hembusan angin akan kian menerpa manakala motor sedang digeber dalam kecepatan tinggi.

Hybrid Helmet

Hybrid helmet merupakan perpaduan antara motocross helmet dan full face helmet. Karena itulah helm ini bisa digunakan untuk offroad dan on road. Posisi bagian dagu yang lebih panjang dan sudut pandang lebih luas membuat hybrid helmet bisa ditambahkan goggle. Akan tetapi, luasnya ruang dalam helm menyebabkan suara berisik menjadi mudah masuk ke telinga pengendara.**GP

SHARE