Menangkap Peluang Bisnis dari Hobi Bermusik Anda - Male Indonesia
Menangkap Peluang Bisnis dari Hobi Bermusik Anda
MALE ID | Works

Siapa bilang hobi bermusik tidak bisa dijadikan bisnis? Ketahuilah, segala jenis hobi yang Anda geluti ternyata juga dapat dikembangkan lebih jauh agar Anda memperoleh pundi-pundi.

hobi bermusik - male indonesiapixabay.com

Sekarang coba bayangkan, ketika bisnis Anda sejalan dengan hobi bermusik. Maka tak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan Anda setiap hari akan terasa menyenangkan. Betul kan?

Memang, sebagian besar orang memilih hobi ini untuk kesenangan dan kepuasan semata. Meski demikian menekuninya secara rutin dan terus-menerus membawa dampak positif di kehidupan Anda nantinya. Bila Anda masih meragukan hal tersebut, solusinya cuma satu. Perhatikan penjelasan di bawah ini secara seksama terkait bisnis apa yang bisa Anda coba melalui hobi bermusik.

Baca juga: Mengubah Hobi Menjadi Bisnis Menggiurkan

Les Musik dan Vokal
Membuka bisnis les musik atau vokal bisa menjadi salah satu sarana demi menyalurkan hobi Anda. Mulai les gitar, drum, bass, keyboard serta masih banyak lagi. Selain bermusik Anda juga menuai pendapatan dari mereka yang mengikuti kursus.

Studio Musik
Hobi bermusik dapat dilakukan setiap hari. Terlebih lagi Anda mau membuka bisnis studio musik. Siapa pun bisa datang dan menyewa studio musik tersebut. Bukan mustahil jika banyak musisi ternama akan mendatangi studio Anda dan mem-booking selama beberapa jam. Tentunya, Anda wajib memasang tarif tertentu menyesuaikan kualitas alat musik di dalamnya. Saat sedang sepi, Anda dapat menggunakannya sebagai sarana berlatih secara otodidak.

Toko Alat Musik
Anda bisa membangun sebuah toko yang menjual berbagai perlengkapan musik. Bukan itu saja, peralatan pendukung seperti senar gitar, strap, amplifier, stik drum, tuner dll. tak kalah pentingnya dan dicari penggiat musik. Semakin banyak barang yang terdisplay, semakin ramai pula pengunjung di toko Anda.

Band/orkestra
Mulai kumpulkan beberapa orang yang punya hobi sama seperti Anda dan ajak mereka bergabung ke dalam bisnis musik Anda. Kalau kurang suka nuansa terlalu ramai, bangun bisnis grup band. Namun jika Anda tidak masalah akan hal itu, bangunlah sebuah orkestra dengan aneka ragam instrumen.

Pencipta Lagu
Anda suka menciptkan lagu? Maka jangan sia-siakan bakat tersebut. Pasalnya, Anda bisa memanfaatkannya guna mengawali bisnis. Buat sebuah lagu dan tawarkan ke orang lain. Siapa tahu, lagu buatan Anda disukai banyak orang. Setelah bisnis lancar, banyak musisi datang kepada Anda dan mereka minta dibuatkan lagu. Bukankah Anda merasa bangga?

Menjual Merchandise
Mewujudkan hobi bermusik yang terakhir, jual merchandise dari para musisi. Namun perlu diingat bahwa ada prosedur tertentu dimana Anda wajib mengikutinya. Semisal mengajak kerja sama dengan musisi yang ingin Anda buat merchandise-nya. Tujuannya agar bisnis saling menguntungkan kedua belah pihak.**GP

SHARE