Cara Unik Masyarakat Jepang Mengatasi Stres | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Cara Unik Masyarakat Jepang Mengatasi Stres
Gading Perkasa | Story

Setiap orang tentu pernah mengalami stres dan mempunyai cara khusus guna mengatasi stres tersebut. Begitu pula dengan diri Anda. Bisa dikatakan, mustahil jika kita tidak merasa stres sekalipun dalam menjalani kehidupan.

mengatasi-stres-male-Indonesia
Photo by KoKoLo on VisualHunt / CC BY-NC-ND

Penyebabnya bermacam-macam. Entah itu masalah pekerjaan atau masalah pribadi. Alhasil berbagai cara dilakukan agar stres tidak berlarut-larut dan menderita penyakit gangguan jiwa. Mulai hangout bersama teman, bermain musik, menyendiri serta masih banyak lagi.

Akan tetapi, apa yang terjadi di Jepang sedikit berbeda. Ya, bukan hanya tradisi dan budayanya, warga di sana punya cara unik demi mengatasi stres. Bahkan cenderung tidak biasa dan membuat banyak pihak menggarukkan kepala. Sudah penasaran MALEnials? Simak poin berikut.

Baca juga: Kisah Menarik dan Tradisi Kuat Terciptanya Sumpit

Membawa Peliharaan ke Kantor
Sebuah perusahaan IT di Negeri Sakura menetapkan kebijakan unik demi mencegah stres pada karyawannya. Perusahaan tersebut membolehkan setiap karyawan membawa kucing ke kantor guna menemani mereka bekerja. Selain itu, karyawan yang mau mengadopsi kucing akan diberikan sejumlah uang dimana nominalnya setara dengan 600 ribu rupiah.

Berteriak di Dalam Vas Bunga
Siapa dari Anda pernah berteriak sekencang mungkin ketika sedang stres? Beberapa pihak menyebutkan bahwa tindakan ini dapat meringankan beban masalah. Nah, masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan vas bunga sebagai sarana berteriak. Vas yang digunakan dirancang khusus agar suara teredam, sehingga suara teriakan tidak terdengar orang lain.

Melempar Piring ke Dinding
Stres membuat emosi seseorang senantiasa meluap-luap. Barang-barang yang berada di sekitar bisa menjadi sasaran empuk dan hancur berkeping-keping. Atas dasar itulah sebuah toko bernama The Venting Place di Akihabara, Tokyo menyediakan perabotan pecah belah yang dijual kepada pengunjung guna dilemparkan ke dinding. Hal ini demi mengurangi rasa stres dan emosi di pikiran.

Berendam di Kolam Penuh Wine
Berendam di air hangat cukup ampuh mengusir stres dan melepas rasa lelah. Namun, bagaimana jika air yang digunakan adalah wine? Di daerah Yunessun, Jepang sebuah pemandian menawarkan hal itu. Pengunjung dapat merasakan sensasi mandi dengan air berwarna merah pekat. Kendati demikian setiap orang dilarang meminum wine tersebut selama berendam.

Otonamaki
Dari seluruh cara di atas, rasanya otonamaki merupakan cara terunik yang dilakukan masyarakat Jepang guna mengatasi stres. Seseorang dibungkus kain rapat layaknya bayi yang baru lahir. Metode ini diyakini bisa memberikan rasa nyaman dan menghilangkan kegelisahan.**GP

SHARE