Bahaya Mengintai Mengangkat Telepon Tak Dikenal - Male Indonesia
Bahaya Mengintai Mengangkat Telepon Tak Dikenal
MALE ID | Digital Life

Jangan sembarangan mengangkat telepon yang menghubungi Anda dengan nomor telepon yang tidak dikenal. Karena bisa saja Anda menjadi target kesajahatan seseorang yang tidak bertanggung jawab. 

mengangkat telepon - male IndonesiaPhoto by freestocks.org on Unsplash

Setiap orang yang memiliki ponsel tentu pernah mengangkat telepon masuk dari nomor yang tak dikenal? Bagi kebanyakan orang memang akan tetap mengangkat. Karena tentu memikiki banyak alasan. Mulai dari nomor baru seorang teman, nomor keluarga yang penting, atau pekerjaan yang ditunggu-tunggu. Sehingga nomor telepon yang tidak dikenal akan tetap diangkat. 

Namun, perlu diketahui, baiknya mesti waspada. Pasalnya, ada bahaya yang mengintai Anda ketika nomor telepon tak dikenal itu Anda angkat. Jika memang nomor tak dikenal itu bagian dari teman lama atau kontak baru dari keluarga jauh, saat Anda tidak mengangkatnya, tentu akan memberikan pesan singkat setelahnya. Atau biasanya, mengirim pesan singkat untuk memberi tahu Anda lalu meneleponnya.

Mewaspadai nomor telepon tak dikenal sangat perlu, karena kejahatan tidak bisa dihindari selain diwaspadai. Berikut sederet alasan mengapa Anda jangan sembarangan angkat telepon tak dikenal.

Rawan Aksi Penipuan
Bahaya yang pertama adalah rawan dengan aksi penipuan. Para pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab akan memanfaat hal ini. Mereka biasanya mengaku dari pihak partner untuk memberikan kartu khusus. Dan terkadang, mereka meminta nomor kartu kredit milik Anda.

Baca Juga: Prynt Case, Saatnya Smartphone Cetak Foto

Bahkan ada juga yang menanyakan informasi orang terdekat dan informasi mengenaimu. Apakah Anda pernah mengetahui tujuan mereka? Jelas mereka sedang mencuri informasi seputar Anda untuk digunakan oleh mereka dalam melakukan aksi penipuan.

Nomor Anda akan Disimpan
Perlu diketahui, banyak penjahat atau penipuan lewat telepon dengan mengacak nomor untuk mencari target. Sekali Anda mengangkat panggilan dari nomor tidak jelas, maka nomor yang Anda miliki akan mereka simpan. Ke depannya, bisa jadi mereka kembali menghubungi Anda dengan modus-modus barunya.

Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Yang pertama tentu saja telepon itu tidak Anda angkat. Atau jika Anda mencium gelagat yang mengarah ke penipuan, Anda bisa saja mengerjai mereka hingga pulsa mereka tersedot habis. Selain itu, Anda juga bisa meng-install aplikasi TrueCaller. Aplikasi ini akan menampilkan setiap ID dari nomor yang melakukan panggilan ke kontak Anda. ** (SS)

SHARE