Keanu Reeves dan Kecintaanya pada Mesin Roda Dua | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Keanu Reeves dan Kecintaanya pada Mesin Roda Dua
Sopan Sopian | News

Aktor ikonik dalam film The Matrix, Keanu Reeves ini memang tidak bisa lepas dari bayang-bayang film futuristik itu. Setiap orang yang menyebut nama Reeves, pasti tertuju pada film besutan sutrada Andy Wachowsky tersebut. Padahal Reeves juga terbilang sukses memerankan sederet film, sebut saja di antaranya Constantine (2005), Man of Tai Chi (2013), John Wick (2014), dan The Bad Batch (2016). 

Keanu Reeves - Male Indonesia
Marybel Le Pape

Reeves sendiri adalah pria yang gemar akan olahraga hoki es. Ia mempunyai seorang saudara perempuan, Kim, yang menderita leukemia. Ayah Reeves, Samuel, berketurunan Tionghoa, Irlandia, dan Hawaii sedangkan ibunya berkebangsaan Inggris. Reeves pernah berpacaran dengan Jennifer Syme dan pada tahun 1999 memperoleh seorang anak yang prematur dan meninggal dunia saat dilahirkan, Ava Archer Reeves. Syme sendiri meninggal dunia pada tahun 2001 dalam sebuah kecelakaan mobil.

Selain hobi akan olahraga hoki, Keanu Reevers juga cinta akan motosikal. Di kalangan komunitas sepeda motor, Reeves dikenal hobi mengendarai dan mengoleksi sejumlah motor gede (moge). Awal mula tertarik pada kendaraan roda dua, saat ia masih berusia 22 tahun. Kala itu, ia tengah syuting film di Munich, Jerman, dan bertemu seorang gadis yang mengendarai Kawasaki Enduro. 

Uniknya, kala itu, Reeves belum bisa mengendarai sepeda motor. Uniknya, setelah melihat gadis itu, di sela-sela syutingnya, ia belajar mengendari sepeda motor. Bahkan setelah merampungkan syuting di Jerman dan balik ke Los Angeles, dia langsung membeli sepeda motor. Seiring berjalannya waktu, ia mulai mengoleksi sepeda motor. Koleksinya pun terus bertambah. Mulai dari Norton Commando, sportsbikes Suzuki, Harley-Davidson. Bosan dengan yang standar, dia pun mulai melirik motor kustom bergaya chopper.

Mendirikan Arch Motorcycle
Setelah sekian tahun hobi akan sepeda motor dengan cc besar, pria kelahiran Beirut, Libanon ini menangkap adanya peluang bisnis. Ia pun akhirnya mendirikan sebuah merek sepeda motor sendiri, Arch Motorcycle. Uniknya lagi, seperti pertemuannya dengan gadis yang membawanya pada sebuah hobi sepeda motor. Keanu Reeves pun membangun bisnis motornya ini dari proses yang tidak disengaja.

Ia yang mulai suka Harley-Davidson ingin melakukan modifikasi. Ketika itu, berjumpa dengan Gard Hollinger, seorang pemilik LA County Choprods, di Los Angeles, California. Dari situlah perbicangan serius mulai terjadi dan keduanya sepakat untuk membuat sebuah merek Arch Motorcycles. Perlu waktu lima tahun pengembangan hingga akhirnya motor perdana garapan Arch Motorycles menetas. 

Baca Juga: Olahraga Ekstrem Si Cantik Velove Vexia

Reeves dan Holling pun menggandeng perusahaan piranti lunak VIN Tech agar bisa memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) dalam proses pengembangan sepeda motor mereka. Ajang pameran otomotif bergengsi EICMA 2017 yang diadakan di kota Milan Italia. Menjadi saksi perkenalan motor-motor buatan Arch Motorcycle. Ada 3 motor yang dipamerkan, yakni KRGT-1, ARCH 1a dan ARCH METHOD.

Pada awal berdiri Arch Motorcycle, Reeves harus mengeluarkan biaya  USD78,000 (setara Rp102.296.6711) untuk satu produksi sepede motornya. Sepeda motor mereka lebih tepat disebut sebagai karya seni dibanding moda transportasi. Di sana ada jok kulit, potongan perhiasan, dan disulam dengan tangan. Reeves dan Hollinger juga mengaku tak akan membuat motor banyak-banyak. 

Mereka mengatakan tidak berniat mencari uang dari bisnis ini. Karena itu, jumlah produksi dijaga tetap di kisaran puluhan per bulannya. Namun, Belum lama ini disebutkan oleh situs Digital Trends, Arch Motorcycle Company ditunjuk oleh perusahaan motor asal Swiss, Suter, sebagai satu-satunya agen resmi motor Suter di wilayah Eropa dan Amerika Serikat. 

Arch Motorcycle Company diizinkan menjual produk buatan Suter, seperti Suter MMX 500 dan Suter MMX 2 Moto 2. Seperti Arch, Suter adalah perusahaan motor yang mengapresiasi pengalaman berkendara. "Kami adalah perusahaan yang sangat berkomitmen dengan apa yang kami buat,” ujar Keanu Reeves. ** (SS)

SHARE