Sederet Bintang Sepak Bola yang Pensiun di 2017 - Male Indonesia
Sederet Bintang Sepak Bola yang Pensiun di 2017
MALE ID | Sport & Hobby

Selama tahun 2017, menjadi tahun yang panjang dan mengharukan bagi dunia sepak bola dunia. Karena tidak sedikit bintang sepak bola yang pensiun di tahun ini. Pada tahun-tahun berikutnya, para pecinta sepak bola tidak akan lagi melihat aksinya di lapangan hijau untuk tahun 2018.

bintang sepak bola - male Indonesia
Michael Coghlan/Flickr.com

Bintang sepak bola yang pensiun di tahun ini adalah pemain-pemain yang telah dianggap legend. Tidak sedikit para bintang sepak bola ini memutuskan untuk mengakhiri karirnya di usia yang sebenarnya masih cukup mumpuni untuk terus berlaga untuk mengolah sikulit bundar. Berikut sederet bintang sepak bola yang pensiun di tahun 2017.

Frank Lampard

bintang sepak bola - male indonesia
Ultraslansi/wikimedia

Gelandang papan atas dunia sekaligus pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa ini Frank Lampard, memutuskan untuk mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesionalnya pada 2 Februaru 2017. "Setelah menjalani 21 tahun yang luar biasa, aku putuskan sekarang waktu yang tepat untuk mengakhiri karier sebagai pemain bola profesional," tulisnya dalam akun Instagram @franklampard.

Lampard memutuskan untuk pensiun setelah kontrak kerjanya selesai pada 1 Januari 2017 bersama New York City FC. Lampard debut pertama kali di klub senior pada tahun 1995 dengan West Ham United. Setelah itu dirinya juga pernah berseragam Swansea City, Chelsea, Manchester City dan terakhir di New York City.

Xabi Alonso

bintang sepak bola - male indonesia
Rufus46/wikimedia

Selain Lampard, Xabi Alosno juga mengumumkan dirinya pensiun secara resmi melalui akun media sosialnya. Lewat twitter dengan akun @XabiAlonso, Xabi Alonso memutuskan untuk gantung sepatu pada tanggal 9 Maret 2017. "Aku ingin mengakiri karierku ketika masih di level tertinggi, dan Bayern adalah level tertinggiku. Aku sungguh-sungguh bangga, dan senang bermain untuk FC Bayern, juga menjadi bagian dari keluarga ini," tulisnya. 

Keputusannya untuk gantung sepatu lebih cepat memang mengagetkan. Karena dirinya sedang dalam puncak karir di Bayern Munchen. Ia memulai debut pada tahun 1999 silam, di Real Sociedad B. Setelah itu, dirinya juga sempat berseragam Real Sociedad, Eibar, Liverpool, Real Madrid, hingga Bayern Munchen.

Francesco Totti

bintang sepak bola - male indonesia
Warrenfish/wikimedia

Kapten AS Roma, Francesco Totti, ditemani istri dan ketiga anaknya memberi ucapan perpisahan kepada publik Olimpico seusai laga Serie A kontra Genoa pada 28 Mei 2017 silam. Pangeran Roma ini mengakhiri karirnya diusia 41 tahun  setelah menghabiskan 25 tahun karir sepakbolanya di Stadion Olimpico.

Baca Juga: Francesco Totti, Simbol Loyalitas dan Dedikasi

"Terima kasih Roma. Ini sungguh berakhir sekarang. Aku melepas jersey ini pada waktu final. Aku akan melipatnya, meski aku belum siap untuk mengatakan 'cukup' dan mungkin tak akan pernah siap. Sekarang, aku akan turun ke tangga dan masuk ke ruang ganti yang menyambutku sebagai anak kecil dan sekarang aku pergi sebagai seorang pria," ujar Totti sambil berurai air mata.

Andrea Pirlo

bintang sepak bola - male indonesia
Piotr Drabik/flickr.com

Rekan Frank Lampard di New York tidak lain adalah Andrea Pirlo. Ia menjadi legenda terbaru yang mengumumkan mundur dari sepakbola setelah bermain lebih dari 22 tahun. Keputusan menyedihkan ini datang setelah menandai laga terakhirnya bersama New York City FC pada fase play off Major League Soccer (MLS) 2017 melawan Colombus Crew dengan skor 2-0 di Yankee Stadium, Selasa, 7 November 2017.

Mastro Italia itu sudah memenangkan banyak trofi setelah menjalani karir bersama AC Milan dan Juventus dan juga ikut bermain saat Italia memenangkan Piala Dunia 2006. Warisan Pirlo akan terus hidup karena peran deep-lying playmaker yang sangat identik dengan dirinya. "Bukan hanya petualangan saya di NY yang berakhir tapi perjalanan saya sebagai pemain sepak bola juga," tulisnya dalam akun twitter @Pirlo_official.

Tomas Rosicky

bintang sepak bola - male indonesia
Northwood09/wikimedia

Mantan bintang Arsenal, Tomas Rosicky, memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola di usia 37 tahun pada 20 Desember 2017. Rosicky menyebut faktor fisik sebagai latar belakang keputusannya. Di mana pemain republik Ceko tersebut harus berurusan dengan cedera kambuhan selama beberapa tahun.

"Setelah mempertimbangkan dengan masak-masak, saya mulai menyadari tak lagi mampu untuk mempersiapkan tubuh saya seperti yang dibutuhkan dalam sepakbola profesional," kata Rosicky

Rosicky memulai karier profesionalnya bersama Sparta Praha pada 1998. Setelah pindah ke Borussia Dortmund pada 2001, pemain asal Republik Ceko itu kemudian hijrah ke Arsenal pada 2006. Setelah 10 tahun membela The Gunners, Rosicky pulang ke Sparta Praha pada musim panas 2016. Di klub pertamanya itu pula, pemain berjuluk The Little Mozart itu memutuskan untuk mengakhiri kariernya. ** (SS)

SHARE