Fenomena Lucid Dream dan Pentingnya Bagi Kesehatan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Fenomena Lucid Dream dan Pentingnya Bagi Kesehatan
Sopan Sopian | Sex & Health

Fenomena lucid dream bisa dikatakan sebagai  keadaan di mana seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi dan ia bisa mengendalikan apa yang terjadi dalam mimpinya. Bedanya dengan mimpi biasa, biasanya Anda tidak sadar jika Anda sedang dalam mode mimpi.

Fenomena lucid dream- male indonesia
Photo by glassghost on VisualHunt / CC BY-NC

Lucid dream terbagi dua, yaitu lucid dream yang dialami secara tidak sengaja, dan lucid dream yang diatur dengan sengaja supaya kita bisa mengalaminya. Boleh dibilang, lucid dream setingkat lebih mudah dibandingkan astral projection dan bisa digunakan sebagai "permulaan" untuk melakukan Astral Projection. 

Secara singkat, astral projection adalah pengalaman spritual keluarnya roh dari dalam tubuh. Setelah roh keluar dari tubuh, biasanya seseorang yang mengalami astral projection ini akan melihat banyak roh halus. Sudah banyak orang yang mampu melakukan astral projection, selain astral Projection masih ada lagi teknik yang hampir mirip atau serupa yang bernama lucid dream. Maka dari itu, lucid dream dapat dikatakan sebagai "permulaan" melakukan astral projection.

Lalu apa yang membedakan antara lucid dream dengan mimpi biasa yang kerap dialami setiap orang? Yang membedakannya hanya satu, yakni kesadaran. Dalam lucid dream, seseorang benar-benar mengalami segala sesuatu di dalam mimpi secara sadar. Sedangkan di dalam mimpi biasa, seolah-olah hanya menyaksikan atau menonton hal-hal di dalamnya. Setelah terbangun, ketika seseorang mengalami fenomena lucid dream semua dapat diingat dengan baik. Sementara jika dalam mimpi biasa, akan ada hal-hal yang hilang dalam ingatan.

Pentingnya Bagi Kesehatan
Fenomena lucid dream ini bisa terjadi pada semua orang. Karena  setiap orang memiliki kemampuan untuk menyadari sedang bermimpi, tapi tergantung seberapa cepat Anda menyadari hal ini dan kemudian bisa mengontrolnya. Setidaknya setiap orang akan mengalami lucid dream satu kali seumur hidupnya secara tidak disengaja. 

Baca Juga: Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan

Dari beberapa literasi yang ada, saat manusia mengalami fenomena lucid dream, belum diketahui secara pasti tujuannya. Namun, banyak terapis dan ahli yang memanfaatkan kondisi mimpi sadar sebagai pengobatan atau terapi. Misalnya untuk menyembuhkan trauma psikologis, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan kepekaan diri, dan menjelajahi alam bawah sadar.

Pasalnya, dalam mimpi sadar Anda, semua bisa melakukan berbagai hal yang belum bisa atau tidak mungkin Anda lakukan di dunia nyata. Bahkan beberapa terapis akan memicu mimpi sadar pada orang yang lumpuh agar dalam mimpinya ia bisa merasakan bebasnya bergerak dan berjalan. 

Contoh lebih jelas lagi yang menggambarkan fenomena ini adalah film inception (2010) yang diperankan Leonardo DiCaprio. Film ini merupakan karya yang mempresentasikan fenomena lucid dream.

Efek Negatif Lucid Dream
Setiap fenomena tentu memiliki efek positif dan negatif. Efek negatif dari lucid dream itu sendiri secara fisik, menurut ahli dalam bidang ini yang di takutkan adalah terjadi sleep apnea dimana tubuh anda berhenti bernafas. Bahkan Anda juga akan merasa malas berusaha di dunia nyata, karena melalui fenomena lucid dream Anda bisa mendapatkan semuanya di dunia mimpi. ** (SS)


 

SHARE