4 Kegiatan Pekerjaan Ini Justru Ganggu Kesehatan - Male Indonesia
4 Kegiatan Pekerjaan Ini Justru Ganggu Kesehatan
MALE ID | Sex & Health

Bagi workaholic banyaknya kegiatan pekerjaan adalah hal utama dibandingkan aspek kehidupan lain. Padahal jika disadari, banyak dari kegiatan pekerjaan yang tanpa disadarinya memiliki efek buruk terhadap gangguan kesehatan.

kegiatan pekerjaan - male Indonesia
Photo on Visual hunt

Apalagi bagi Anda yang memiliki ambisi untuk maju. Terkadang lupa untuk memerhatikan diri sendiri. Setiap hari dihabiskan duduk di depan meja untuk mengerjakan semua pekerjaan yang tanpa disadari pula dapat mengabaikan kesehatannya.

Tidak hanya pada kategori workaholic dan yang memiliki ambisi untuk terus maju. Karyawan yang baru saja terjun ke dunia kerja atau mereka yang mendapatkan pekerjaan yang benar-benar diinginkannya selama ini, pekerjaan bisa menjadi hal utama. Padahal, kerja keras yang ia kerjakan justru akan berbalik jika tidak memerhatikan diri sendiri khususnya dalam kesehatannya. 

Baiknya tetap seimbang meski apa yang Anda kerjakan adalah sesuatu yang membuat Anda merasa menyenangkan. Lalu apa saja kegiataan pekerjaan yang tanpa disadari dapat mengganggu kesehatan Anda?

1. Masih Bekerja Sebelum Tidur
Di dunia digital semua pekerjaan memang tidak dapat diduga-duga. Bahkan, menjelang waktu tidur saja masih ada saja email yang masuk. Hal-hal seperti ini tanpa disadari dapat mengganggu kesehatan Anda. Mengapa tidak, karena setiap Anda membalas email yang masuk sebelum tidur, itu tentu akan membuang waktu jam tidur Anda yang berakibat kurangnya waktu tidur Anda. 

Akibat lainnya, kualitas yang kurang baik ini dapat membuat Anda merasa pusing dan lelah saat terjaga esok harinya. Dalam jangkau panjang, hal ini akan benar-benar memengaruhi kulit Anda. Anda akan terlihat kusam dengan mata panda yang menggatung.

2. Tidak Beranjak dari Kursi Kerja
Teori terlalu lama duduk pasti semuanya telah memahami akibatnya seperti apa, ini tidak perlu dijelaskan kembali. Tetapi, hal itu kadang terus diabaikan. Apalagi bagi Anda yang terlalu asik atau memiliki ambisi untuk terus maju. Diam duduk seharian di depan layar komputer atau laptop untuk menyeleaskan pekerjaan. 

Baca Juga: Hati-Hati Sering Sakit Perut Sebelah Kiri

Ada baiknya Anda lebih aware. Karena selain merusak mata, diam di tempat sepanjang hari tanpa banyak bergerak dapat memicu penyakit berbahaya. Mulai dari kesemutan, lehar kaki, sampai peningkatan berat badan yang siap mengintai dalam jangka waktu panjang. Sesekali Anda jangan memaksakan diri. Berikan peregangan setiap dua jam sekali. Bila perlu jalan-jalan kecil disekitar ruang kerja Anda secara rutin.

3. Melewatkan Makan Siang
Kegiatan pekerjaan yang masih erat kaitannya dengan nomor dua di atas adalah, melewatkan jam makan siang. padatnya pekerjaan yang harus segera diselesaikan, sering memilih untuk makan di meja kerja. Belum cukup sampai di situ, karena terlalu fokus akan sebuah pekerjaan, waktu yang seharusnya di isi dengan nutrisi makanan diabaikan dan digantikan dengan jam makan malam. Stop kebiasan buruk ini.

Pola makan yang tidak teratur bisa membuat Anda sakit maag dan memicu penyakit pencernaan lainnya. Meluangkan waktu minimal 15 menit untuk makan siang pasti tidak akan membuat Anda rugi. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah kesibukan Anda. Jangan lupa banyak-banyak minum air putih.

4. Selalu Berkata "Ya"
Apakah Anda tahu mengapa setiap kantor memberikan waktu cuti untuk Anda? hak itu untuk mengistirahatkan otak dan tubuh setiap karyawannya. Jangan sampai Anda terus melakukan rutinitas pekerjaan yang kerap Anda penuhi meski badan sudah terasa lelajh. Gunakanlah waktu sebaik mungkin agar dapat mengistirahatkan otak dan tubuh Anda. 

Singkatnya, Anda harus dapat membagi waktu antara pekerjaan dan menjaga kesehatan Anda. Ingat kebiasan yang menurut Anda baik belum tentu dirasa baik pula oleh tubuh Anda. Ketika Anda mengabaikan kesehatan, tentu pekerjaan Anda juga akan terbengkalai saat Anda dalam kondisi yang kurang sehat. ** (SS)
 

SHARE