7 Lagu Beraliran Metal yang Mengubah Dunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
7 Lagu Beraliran Metal yang Mengubah Dunia
Gading Perkasa | News

Lagu beraliran metal mempunyai sejarah panjang di belantika dunia musik. Bahkan pada perkembangannya, musik metal terus berevolusi dan melahirkan banyak musisi serta band ternama.

lagu beraliran metal 1 - male indonesia
Acid Pix

Lahirnya para band cadas ini juga turut andil menghadirkan subgenre lain yang masih berada di dalam koridor musik metal dimana semakin memperkaya pengertian metal itu sendiri. Akibatnya, muncul banyak perdebatan di antara pecinta musik. Ada orang menyukai musikalitas kompleks dari lagu beraliran metal, sedangkan tak sedikit pula orang senang mendengarkan lagu metal asal negeri Skandinavia hingga yang terkesan ‘easy listening’ sekalipun.

Terlepas dari perdebatan tersebut, kami telah merangkum beberapa lagu beraliran metal terbaik sepanjang masa yang mengubah dunia dan memberi kontribusi nyata terhadap perkembangan musik metal secara keseluruhan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: 5 Band Metal Paling Angker Sepanjang Masa

Black Sabbath - Changes (Vol. 4, 1972)

Black Sabbath dianggap sebagai band yang menemukan musik heavy metal. Bahkan salah satu lagunya, Changes dianggap punya kontribusi signifikan terhadap subgenre bernama hair metal. Lagu ini adalah power ballad dan menginspirasi berbagai band di era 80-an untuk memainkan instrumen piano sebagai pengiring vokal utama. Tanpa Changes, lagu seperti Home Sweet Home milik Motley Crue barangkali tidak akan pernah tercipta.

Deep Purple - Smoke on The Water (Machine Head, 1972)

Bersama Led Zeppelin dan Black Sabbath, Deep Purple dianggap oleh sejumlah kritikus musik sebagai band yang mempelopori perkembangan musik hard rock. Sementara lagu mereka Smoke On The Water memiliki riff gitar paling mudah dikenali dalam sejarah musik. Mereka memberi pengaruh signifikan terutama gaya bermain shred guitar yang populer di era 80-an.

Judas Priest - Living After Midnight (British Steel, 1980)

Tanpa Judas Priest, rasanya mustahil band cadas seperti Slayer, Iron Maiden hingga Pantera lahir. Pasalnya, mereka disebut-sebut oleh The Guardian sebagai band penemu subgenre heavy metal. Selain itu, mereka mengubah budaya populer dunia secara keseluruhan. Living After Midnight berorientasi kepada musik rock ketimbang metal namun secara tak langsung menarik banyak perhatian orang kepada musik heavy metal.

Iron Maiden - Hallowed Be Thy Name (Metal. A Headbanger’s Journey, 1982)

Iron Maiden telah meletakkan dasar fondasi penting terhadap perkembangan musik power metal selanjutnya. Lagunya banyak yang cukup menginspirasi, salah satunya Hallowed Be Thy Name. Merupakan lagu terbaik ciptaan mereka, disertai aransemen memukau dan powerful rhythm. Lagu ini ibarat puncak gunung yang ingin didaki oleh band penerus mereka.

Motorhead - Ace of Spades (Ace of Spades, 1980)

Motorhead menjadi cikal bakal lahirnya trash metal. Telegraph UK mendefinisikan lagu beraliran metal berjudul Ace of Spades sebagai “Anarchy Anthem Number 1”. Memadukan kecepatan dan sisi agresif demi menyempurnakan nyawa blues dalam lagu mereka. Perpaduan ini berkontribusi kepada band metal lain semisal Metallica dan Slayer serta generasi Grunge yang tumbuh subur di awal 90-an.

Metallica - Master of Puppets (Master of Puppets, 1986)

Lagu beraliran metal berikutnya, Master of Puppets karya Metallica berhasil menyentuh banyak musisi dari berbagai spektrum terkait bagaimana menulis lagu dengan attitude. Kontribusi besar terhadap perkembangan musik membuat album mereka menjadi album metal pertama yang dijadikan koleksi perpustakaan National Recording Registry.

Rage Against The Machine - Killing In The Name (Rage Against The Machine, 1991)

Belum pernah ada band menggabungkan antara musik rap dan metal sampai Rage Against The Machine muncul. Lagu-lagunya begitu powerful dan penuh inspirasi serta sektor vokal yang bernuansa politis dari Jack de la Rocha. Killing in the Name merupakan lagu pembangkangan bernafaskan semangat ketika seseorang mulai sibuk mengatur kehidupan orang lain. Karya-karya Limp Bizkit, Linkin Park, Korn dan Evanescence sedikit banyak dipengaruhi oleh lagu ini.**GP

SHARE