5 Simbol Populer Ini Memiliki Makna Mengejutkan - Male Indonesia
5 Simbol Populer Ini Memiliki Makna Mengejutkan
Sopan Sopian | Story

Simbol telah menjadi bagian dari komunikasi masyarakat, hingga akhinya menjadi populer dari setiap kalangan. Namun, dari setiap simbol populer di kalangan masyarakat sekarang nampaknya telah menjadi makna yang berbeda.

Simbol populer yang sebagian orang kenal seperti jari tengah, V-sign, hingga simpol heart menjadi tiga dari simbol populer yang memiliki makna yang berbeda dari asal-susulnya. Simbol yang sangat umum tersebut hampir tidak pernah bertanya-tanya bagaimana hal itu dimulai. Orang yang menggunakannya terkadang memaknai apa yang mereka dengar selama simbol itu telah populer, tana mencari makna sesungguhnya. Mengutip laman ancient-origins, berikut lima simpol populer yang memiliki arti berbeda seperti yang berkembang seperti saat ini.   

Jari Tengah (The Middle Finger/F*ck)

Foto by Tetraktys/Wikipedia

Simbol jari tengah ini nampaknya tidak perlu untuk menjelaskan. Karena dalam arti modern, simbol ini merupakan sikap yang sangat tidak sopan. Bahkan hampir seluruh orang di dunia tahu akan simbol ini. Tapi Anda mungkin belum menyadari bahwa simbol ini berasal dari Yunani kuno. Dalam arti sebenarnya dari Yunani Kuno simbol ini memberikan makna atau arti yang terkait dengan hubungan seksual dan kesuburan. Secara khusus, itu mewakili lingga (KBBI: tanda kelaki-lakian yang berbentuk tiang).

Jempol Kebawah (Thumbs-down/Dislike)

Foto by Jan Arkesteijn/Wikipedia

Simbol populer kedua ini adalah posisi jempol yang ditukik ke bawah. Seiring perkembangan zaman, makna arti ini adalah tidak menyukai. Namun pada dasarnya, simbol ini terkait pada asal-usulnya, yaitu pada saat ketika memilih untuk menyelamatkan hidup (atau tidak) dari gladiator Romawi. Pada saat itu banyak Roman yang menggunakan isyarat tangan ini pada akhir acara gladiator untuk memutuskan apakah seorang gladiator kalah harus hidup atau mati.

The V Sign

Foto by Happyme22/Wikipedia

Simbol mengacungkan dua jari ini secara populer menandakan arti perdamaian atau mengekspresikan kemenangan. Asal usul tanda ini, bagaimanapun, tidak ada hubungannya dengan damai atau kemenangan. Simbol ini awalnya terjadi saat perang Seratus Tahun (1337-1453) di mana digunakan oleh pemanah Inggris untuk mengejek musuhnya, yaitu Prancis. 

Alasannya karena setiap pemanah Inggris tertangkap oleh Perancis, biasanya telunjuk dan jari tengah tangan kanan mereka dipotong, hal tersebut untuk memastikan bahwa musuh tidak akan mampu membunuh tentara Prancis dalam pertempuran.

Bentuk Hati (The Heart Shape)

Foto by samer daboul/Pexels

Bentuk hati adalah simbol bahwa hari ini secara ketat terkait dengan cinta, hubungan romantis, dan yang terbaru Hari Valentine. Tapi di Yunani kuno itu tidak ada hubungannya dengan hal-hal tersebut. Namun pertama kali bentuk hati sebagai simbol untuk silphium, spesies adas raksasa yang pernah tumbuh di pantai Afrika Utara dekat koloni Yunani dari Kirene. Orang Yunani kuno pertama kali digunakan silphium untuk rasa makanan dan sebagai obat, tetapi kemudian menjadi bentuk yang paling populer dari kontrol kelahiran.

Swastika (Simbol Nazi)

Foto by Wojs?aw Bro?yna/Wikipedia

Di sebagian besar Barat, swastika ini identik dengan Nazisme, fasisme, dan rasisme, tetapi dalam kenyataannya simbol ini bermakna nasib baik dan kesejahteraan. Simbol ini telah menjadi simbol suci dalam agama Hindu, Budha, dan agama Eurasia lainnya selama ribu tahun. ** (SS)

SHARE