Wisata Murah Dalam Negeri untuk Libur Akhir Tahun - Male Indonesia
Wisata Murah Dalam Negeri untuk Libur Akhir Tahun
MALE ID | Relax

Wisata murah untuk memanjakan diri akhir tahun memang susah-susah gampang. Pasalnya setiap menjelang liburan akhir tahun, tentu hampir semua moda transportasi mengalami kenaikan yang signifikan. Namun hal itu masih bisa Anda siasati dengan liburan lokal (dalam negeri) sendiri.

Artis yang menggeluti bisnis dalam bidang traveling, Ramon Y Tungka pun menyadari mahalnyal liburan akhir tahun. Menurutnya juga lebih baik liburan terdekat jika ingin melakukan liburan akhir tahun. "Jangan liburan jauh-jauh deh buat akhir tahun, semuanya naik (mahal). Mending di rumah bareng keluarga atau teman-teman, liburan deket-deket rumah juga bisa," ujarnya kepada MALE.co.id.

Ya, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata mulai dari Sabang sampai Merauke. Dari kabupaten-kabupaten yang Anda tinggali pun memiliki wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak perlu menghabiskan uang hanya untuk populer di media sosial, jika wisata terdekat bisa membuat Anda menikmati hari libur akhir tahun dan merefresh pikiran dari rutinitas sehari-hari. Berikut wisata dalam negeri yang bisa Anda nikmati untuk libur akhir tahun. 

Pangkalpinang
Kota yang merupakan ibukota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini bisa jadi pilihan menghabiskan libur akhir tahun murah meriah dari Jakarta. Kota yang berada di Pulau Bangka ini memiliki banyak destinasi wisata seru untuk habiskan liburan akhir tahun tahun, di antaranya:

Pulau Lengkuas, Pangkal Pinang/Foto by Yanti ID/wikipedia

Pulau Lengkuas
Pulau cantik yang dikelilingi laut biru nan jernih ini selalu jadi tujuan favorit wisatawan yang liburan ke Bangka. Di Pulau Lengkuas terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang bisa dinaiki oleh pengunjung untuk melihat keindahan pulau ini dari ketinggian. Pantainya yang bersih, berpasir putih dan air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama pulau ini.

Pantai Matras
Pantai yang terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat atau berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang liburan ke Pulau Bangka. Pantai ini memiliki pemandangan indah dengan hamparan pasir putih, laut biru serta batu-batu berukuran besar yang asyik untuk tempat bersantai maupun berburu foto.

Baca Juga: Cukang Taneuh, Pesona Green Canyon Indonesia

Bandung
Berbicara ibukota Jawa Barat ini soal wisata tidak ada habisnya. Selalu ada saja yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi bagi Anda yang ingin menikmati penorama alam. Wisata di Bandung ini juga dapat menjadi rekomendasi untuk mengisi libur akhir tahun Anda.

De'Rance, Lembang-Bandung/Foto by Wasis Isnanto/Flickr
 

Floating Market
Meskipun sama-sama memiliki konsep pasar terapung seperti di Banjarmasin, pasar yang terletak di daerah lembang ini tidak menjual barang dagangan seperti ikan, daging, dan sayur-sayuran mentah. Pasar ini adalah pasar yang menjual berbagai kuliner mulai dari jajanan hingga makanan berat yang mengenyangkan. Selain itu, tidak hanya berisi perahu-perahu yang menjajakan makanan saja, di pasar ini juga tersedia berbagai wahana yang siap memanjakan pengunjung yang datang.

Stone Garden
Apakah Anda baru mendengar wisata ini? Wisata di Bandung ini tidak berisi bunga-bunga, melainkan bebatuan keren. Lokasinya ada di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya. Meskipun kedengarannya cuma batu-batu, tapi justru disitulah letak menariknya taman ini. Bahkan tak jauh dari taman batu ini terdapat gua yang katanya adalah tempat tinggal manusia purba zaman dulu. Jika Anda kesini, Anda akan mengingat sebuah film animasi zaman purba, yaitu Flinstone.

D’ranch
Wisata murah lain untuk liburan akhir tahun di Bandung adalah wisata Cowboy di D'ranch. Pengunjung yang datang ke sana tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam yang indah tapi juga berbagai permainan seperti menunggang kuda, delman, triker, panahan, dan masih banyak sekali permainan yang dapat kamu jumpai.

Jakarta
Bagi yang ingin merasakan hype pergantian tahun di ibukota, bisa liburan ke Jakarta di momen akhir tahun ini. Ada banyak sekali pilihan acara menarik di Jakarta yang bisa didatangi untuk merayakan malam pergantian tahun baru, di antaranya:

Gegap gempita tahun baru di Monumen Nasional (Monas)/Foto by Hendra Oktavianus/Pexels  Bundaran HI
Pergantian tahun baru di Jakarta biasanya dipusatkan di Bundaran HI. Ada banyak acara menarik yang digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Sudirman, seperti berbagai panggung musik yang diisi artis ibukota dan juga car free night yang biasanya diisi dengan karnaval dan berbagai acara menarik. Tak ketinggalan pesta kembang api meriah yang selalu diadakan di pergantian tahun.

Ancol
Ancol juga selalu jadi langganan acara pergantian tahun meriah di Jakarta. Ada banyak acara menarik yang biasanya diadakan di Ancol, mulai dari pentas musik dengan artis ibukota hingga pertunjukan kembang api yang meriah.

Monas
Kawasan Monas juga selalu menjadi pusat perhelatan acara meriah untuk pergantian tahun baru. Monas selalu diramaikan berbagai acara musik dan kuliner serta pesta kembang api yang meriah.

Lampung
Lampung juga bisa jadi pilihan destinasi seru untuk habiskan libur tahun baru. Jaraknya yang tidak begitu jauh dari Jakarta plus tiketnya yang masih terjangkau tentu bisa jadi pilihan pas. Apa saja destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Lampung?

Pulau Pahawang, Lampung/Foto by Budi Nushirwan/Flickr

Alam Wawai Eco Park
Destinasi wisata yang satu ini lokasinya berada di perbukitan, membuatnya jadi tempat asyik untuk bersantai sore hingga menjelang pergantian malam tahun baru. Biasanya di tempat ini juga diadakan acara pergantian tahun yang meriah diisi oleh live music dan juga pesta kembang api.

Pulau Pahawang
Menghabiskan waktu pergantian tahun sambil camping di Pulau Pahawang semakin hits belakangan ini. Anda bisa membawa sendiri tenda camping atau bisa juga menginap di penginapan yang ada di pulau ini. Selain itu banyak juga open trip organizer yang mengadakan jalan bareng ke Pulau Pahawang saat malam pergantian tahu. 

Dari beberapa destinasi wisata dalam negeri ini, bisa menjadi alternatif Anda untuk mencari wisata murah dalam negeri untuk mengisi libur akhir tahun Anda. Siap-siap dan selamat menyambut tahun baru dari tanah wisata Indonesia. ** (SS) 


 

SHARE