Bingung Memilih, Antara Gaji dan Jabatan - Male Indonesia
Bingung Memilih, Antara Gaji dan Jabatan
MALE ID | Works

Menentukan antara gaji dan jabatan di tempat baru memang kerap menimbulkan dilema. Pasalnya tidak semua perusahaan memiliki standar gaji yang sama untuk suatu jabatan. Pasti setiap kantor akan memiliki kebijakannya sendiri dalam menentukan gajinya.

gaji dan jabatan - male indonesia
Photo by rawpixel.com on Unsplash

Lebih pragmatis mungkin lebih memilih kepastian slip gaji tetap, tapi mereka yang memiliki aspirasi tinggi mungkin lebih memilih jabatan yang memberi ruang untuk tumbuh. Ada yang bilang, sebelum menentukan dua hal itu, penting juga untuk mempertimbangkan ukuran dan rekam jejak perusahaan yang bersangkutan. Perlu juga tahu dengan lengkap detil jabatan yang akan kita lakoni.

Hal tersebut memang sah-sah saja, karena akan menentukan masa depan Anda dikemudian hari.Selain itu, faktor lain apa yang harus Anda pertimbangkan untuk mencoba memutuskan antara gaji dan jabatan? Inilah 5 faktor yang harus dipertimbangkan untuk memberi Anda beberapa perspektif:

Tentukan Prioritas
Sebelum Anda mengambil keputusan, tentukan prioritas dalam diri Anda. Jabatan keren memang akan membuat Anda terpandang, namun jika upahnya jauh lebih rendah, ditambah Anda membutuhkan dana, tentu hal ini tidak dapat menjadi pilihan terbaik. Berbeda jika Anda stabil secara finansial, meski mendapat pekerjaan yang gajiinya lebih sedikit lebih rendah namun memiliki prospek pertumbuhan jangka panjang yang baik, sudah barang tentu menjadi pilihan yang bijak sana.

Baca Juga: Tidur Sejenak, Solusi Atasi Masalahan di Kantor

Yakin akan Naluri
Disadari atau tidak, bahwa kebanyakan orang mengabaikan naluri. Pengabaian naluri ini difaktori oleh rasa keraguan diri dan takut dalam membuat kepurusan yang salah. Jika Anda tahu, studi ilmiah tentang intuisi telah membuktikan bahwa mempercayai naluri sesungguhnya dapat menghasilkan apa yang Anda perlukan jauh lebih baik daripada meyakini otak.

Melihat Masa Depan
Saat Anda telah memasuki pilihan Anda dan bekerja pada sebuah perusahaan, apakah Anda melihat diri Anda dalam masa depan? Apakah melihat hal yang sama lima tahun kedepan dari sekarang pada perusahaan yang sama atau justru Anda berada posisi yang jauh lebih tinggi? Atau melihat bahwa diri Anda menjalankan bisnis sendiri? Hal itulah yang akan menentukan diri Anda.

Motivasi Diri
Jika Anda berasumsi berada dalam finansial yang stabil dan tidak perlu membutuhkan gaji yang besar, lalu apa yang membuat Anda termotivasi? Setiap orang memiliki dorongan oleh motivasi yang berbeda-beda. Mengetahui motivasi pribadi merupakan kunci tetap antusias dan produktif dalam pekerjaan. Jika masih ragu akan motivasi Anda, temukanlah lebih dahulu. Apa motivasi Anda sebenarnya.

Bertanya Pada Keluarga dan Teman
Bertanya pada teman dan anggota keluarga yang terpercaya untuk pertimbangan selalu menjadi ide bagus. Tanyakan mana yang baik untuk Anda. Jangan meminta nasihat, tetapi bagaimana mendapatkan perspektif alternatif mengenai masalah yang dapat membantu Anda memperjelas pikiran dan memfokuskan perhatian. Keluarga dan teman baik adalah mereka yang benar-benar mengenal Anda. Sehingga mereka dapat berkata jujur untuk memberikan persfektif lain agar Anda terus bergerak maju. ** (SS)
 

SHARE