5 Cara Merawat Rambut Saat Musim Hujan - Male Indonesia
5 Cara Merawat Rambut Saat Musim Hujan
MALE ID | Looks

Di musim hujan, sangatlah penting untuk merawat rambut Anda. Karena kala di musim hujan rambut rawan terserang kerontokan dan rusak. Hal itu karena kelembapannya menjadi tidak stabil. Sehingga saat musim hujan sangatlah diperlukan perhatian khusus untuk rambut Anda.

merawat rambut - male indonesia
Pixabay.com

Selain itu, cuaca yang lebih lembap di musim hujan dapat menyebabkan peningkatan volume pada kulit kepala. Akibatnya tentu saja rambutmu jadi mudah rontok. Terlebih jika pola hidup Anda tidak sehat. Jangan sampai karena hanya musim hujan penampilan dan kesehatan rambut Anda jadi rusak. Apalagi rambut adalah aset berharga yang dimiliki manusia. Untuk itu, berikut beberapa cara merawat rambut saat musim hujan.

1. Segera Cuci Rambut
Ketika rambut terkena terpaan air hujan, maka sangat dianjurkan untuk segera mencucinya dengan bersih. Cara ini berguna untuk membersihkan rambut dari kotoran dan polusi yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Gunakanlah shampoo yang ringan dan cuci rambut dengan lembut agar rambut tidak cepat kering dan rusak meskipun dicuci berkali-kali. Sebaiknya, penggunaan air panas atau hangat dibatasi karena bisa menyebabkan kekeringan.

2. Gosok Kulit Kepala Menyuluruh
Saat mencuci rambut, usakan menggosok kulit secara menyuluruh. hal tersebut untuk membersihkan kulit kepala untuk menghindari perkembangbiakan ketombe di kepala Anda. Sangat tidak menarik bukan, saat musim hujan bukannya lebih bersih, rambut Anda justru sebagai penampung perkembangbiakan ketombe. 

Baca Juga: Kesalahan dalam Merawat Rambut yang Sering Terjadi

3. Lakukan Secara Teratur
Seperti dikatakan di atas, musim hujan dapat menyebabkan kerontokan pada rambut Anda. Untuk mencegahnya, keramas rutin 3-4 kali dalam seminggu. Kegiatan mencuci rambut ini terutama penting dilakukan ketika rambut baru saja terkena air hujan. Bakteri yang mengendap bukan hanya dapat menyebabkan kerontokan, tapi juga ketombe. Kedua hal ini dapat merusak penampilan Anda.

4. Mengikat Rambut Basah
Bagi pria yang memiliki rambut panajng, seselahan yang dapat menyebabkan kerusakan rambut saat musim hujan adalah mengingat rambut basah setelah terkana air hujan atau setelah mencucinya. Padahal setelah mencuci atau terkena air hujan kemudian diikat, sangat tidak dianjurkan. Lebih baik biarkan lebih dahulu hingga kering agar rambut Anda tetap terjaga.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Anjuran untuk mengonsumsi 8-12 gelas air putih sehari itu sangat baik untuk mencegah rambut rontok. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Rontoknya rambut bisa juga disebabkan karena masuknya toksin dalam kulit kepala. Dengan rutin minum air putih, dijamin kerontokan rambut tidak akan menghantui Anda.

Musim hujan memang memiliki beberapa pekerjaan rumah yang cukup ekstra, tetapi jangan diabaikan jika tidak ingin efeknya berkepanjangan. Lebih baik mencegah daripada terlambat. ** (SS)


 

SHARE