Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan - Male Indonesia
Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan
MALE ID | Sex & Health

Manfaat berpelukan bukan hanya untuk menengkan kekasih yang sedang dilanda risau. Berpelukan juga tidak hanya sekadar ekspresi rasa kasih sayang dan cinta terhadap seseorang yang dicintai. Dibalik itu, pelukan hangat memiliki manfaat bagi kesehatan.

 

Sebuah penelitian mengungkap bahwa manusia membutuhkan 4 pelukan dalam sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan untuk perawatan diri, dan 12 pelukan sehari untuk bisa tumbuh. Meski ungkapan tersebut benar-benar terbukti dan belum didukung oleh fakta-fakta rinci yang jelas, namun tak perlu diragukan bahwa pelukan memang diperlukan manusia. 

Manfaat berpelukan- Male IndonesiaPhoto by Priscilla Du Preez on Unsplash

Pelukan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah. Di mana penelitian menyatakan bahwa pelukan bisa membawa beberapa manfaat kesehatan yang nyata, dari meringankan stres hingga menurunkan tekanan darah. Lalu apalagi manfaat berpelukan untuk kesehatan?

Kesehatan Jantung
Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting karena organ ini sangat vital dan penting bagi kehidupan manusia. Selain dengan mengatur pola hidup dan makan serta olahraga yang cukup ternyata hanya dengan berpelukan sudah termasuk menjaga kesehatan jantung. Para ahli mengatakan bahwa manfaat berpelukan adalah salah satunya mengurangi resiko penyakit jantung.

Merangsang Oxytocin
Oxytocin adalah senyawa penghubung pada otak yang bekerja dalam sistem limbik, pusat emosi pada otak yang berkaitan dengan perasaan manusia. Oxytocin bertugas untuk meredakan rasa cemas, stres, dan bahkan bisa membuat mamalia menjadi setiap pada pasangannya. Oxytocin sangat ampuh dalam mempengaruhi emosi wanita. Senyawa ini juga yang membuat wanita tak lagi merasakan sakit pada tubuh mereka ketika melihat bayi yang dilahirkannya untuk pertama kalinya. 

Baca Juga: Stres Bisa Picu Kesehatan Mulut

Penelitian terbaru dari University of California mengungkap bahwa senyawa ini juga yang mempengaruhi pria agar lebih menyayangi dan terikat pada pasangannya. Oxytocin juga diketahui bisa meningkatkan libido serta gairah seksual. Ketika berpelukan, otak akan melepaskan oxytocin dan menurunkan stres, tekanan darah, sekaligus mencegah penyakit.

Tekanan Darah Stabil
Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat gangguan pada tubuh yaitu salah satunya adalah pusing, mual dan lainnya. Dan agar tekanan darah tetap normal dan stabil maka cobalah untuk berpelukan dengan orang yang Anda sayangi.

Kurangi Rasa Sakit
Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh tetapi berpelukan juga merupakan salah satu obat paling ampuh untuk mengurangi rasa sakit. Berpelukan mempunyai efek yang menenangkan sehingga hal ini membuat rasa nyaman dan sedikit melupakan rasa sakit. Hal ini telah terbukti yaitu salah satunya mungkin sering Anda alami sendiri.

Cegah Depresi
Stres berlebihan tanpa bisa dikendalikan maka jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi. Untuk mengurangi rasa stres agar tidak menjadi depresi maka cobalah atasi dengan cara berpelukan. Pelukan tidak hanya tanda kasih sayang saja tetapi sangat menyehatkan tubuh. ** (SS)

SHARE