Sering Salah Ketik di Smartphone? Ini Solusinya - Male Indonesia
Sering Salah Ketik di Smartphone? Ini Solusinya
MALE ID | Digital Life

Siapapun di dunia ini pasti pernah atau bahkan bisa dikatakan sering salah ketik di smartphone kesayangannya. Entah sewaktu hendak mengirimkan pesan singkat ke kerabat, update status di sosial media, browsing sesuatu di mesin pencari Google hingga mencatat informasi penting. Salah ketik atau typo sangat sulit dihindari.

salah ketik di smartphonepixabay.com

Ada beberapa penyebab utama yang melandasi seseorang salah ketik di smartphone mereka. Antara lain ukuran layar smartphone kurang memadai dimana membuat keyboard menjadi kecil. Bisa juga karena penggunanya sedang terburu-buru.

Menerapkan program auto correct di keyboard juga tidak menjamin 100% apa yang dituliskan benar-benar akurat. Hal ini membuat pengguna smartphone merasa kesal. Pasalnya, perbedaan satu huruf bisa mengubah makna dari isi pesan secara keseluruhan.

Namun, MALEnials tidak perlu resah. Kini, salah ketik di smartphone Anda dapat diatasi dengan aplikasi keyboard bernama Grammarly. Pihak developer menghadirkan aplikasi ini untuk platform Android. Setelah sebelumnya hanya tersedia di iOS.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Bezel Pada Smartphone?

Sejatinya, Grammarly merupakan sebuah website yang melayani penggunanya melakukan pengecekan tata bahasa (grammar) terhadap tulisan berbahasa Inggris secara online. Akan tetapi, seiring perkembangan perilaku masyarakat dalam menggunakan internet, Grammarly mengimplementasikannya ke dalam fitur aplikasi keyboard.

Grammarly bekerja menggunakan sistem berbasis komputasi awan (cloud). Itulah yang membuat aplikasi tersebut mampu menerjemahkan dan memperbaiki tata bahasa jauh lebih akurat dibandingkan fitur auto correct bawaan smartphone. Menariknya lagi, fungsinya tidak akan terganggu walaupun sambungan internet terputus (offline). Karena Grammarly bisa melakukan sinkronisasi secara otomatis terhadap perangkat.

Meski demikian, pengguna harus tersambung dengan koneksi internet jika ingin menggunakan aplikasi ini secara optimal. Apabila terhubung internet, maka mode koreksi advance bisa diaktifkan. Yaitu melakukan koreksi otomatis berdasarkan konteks kalimat.

Sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga (third party), masalah keamanan biasanya kerap menghantui. Ketahuilah, tidak ada yang perlu Anda khawatirkan saat menggunakan Grammarly. Aplikasi keyboard ini menyediakan sistem enkripsi. Sehingga, informasi sensitif seperti nomor seri kartu kredit tidak dapat diakses oleh siapapun kecuali pengirim dan penerima.

Seperti dilansir dari Android Authority, Grammarly tersedia dalam bahasa Inggris British dan American. Belum diketahui kapan pihak developer akan melengkapi fiturnya dalam versi bahasa lain. Perkembangan Grammarly layak untuk kita nantikan.**GP

SHARE