Hobi Badminton? Ini Kiat Melatih Kekuatan Fisiknya - Male Indonesia
Hobi Badminton? Ini Kiat Melatih Kekuatan Fisiknya
MALE ID | Sport & Hobby

Siapa yang tidak hobi badminton. Apalagi cabang olahraga ini adalah cabang olahraga terfavorit hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kelincahan kaki dan tangan menjadi modal utama dalam berolahraga yang juga disebut bulu tangkis ini.

hobi badminton- male Indonesia
Pixabay.com

Namun, di balik modal utama itu, ada kekuatan fisik yang harus dilatih. Jadi Anda yang hobi akan permaianan badminton ini tidak hanya mengandalkan kelincahan kaki dan tangan saja. Tujuan melatih kekuatan tubuh sendiri untuk menambah massa otot atau memperbesar badan. Para atlet pun melakukan hal ini untuk meningkatkan performa di lapangan.

Melatih kekuatan fisik atau tubuh dalam di sini terbagi menjadi dua. Pertama melatih kekutan tubuh bagian atas dan bagian bawah. Kekuatan tubuh bagian atas diperlukan terutama untuk memukul atau menangkis tembakan kok dari lawan. Sedangkan kekuatan tubuh bagian bawah sangat penting untuk melompat dan menambah kecepatan lari. Melatih kekuatan tubuh bagian atas dan bawah akan membantu badan lebih kuat dan berstamina. 

Baca Juga: Atlet Badminton yang Cantik Fisik dan Prestasi

Lalu kiat melatih kekuatan fisik seperti apa yang biasa dilakukan oleh para atlet badminton untuk mendukung modal utama kelincahan kaki dan tangannya? Berdasarkan literasi yang ada, berikut beberapa latihan yang bisa Anda tiru untuk melatih kekuatan fisik ala pemain badminton.

Jogging
Daya tahan merupakan kunci utama dalam teknik bulu tangkis. Semakin baik stamina Anda, semakin baik Anda membalas pukulan lawan sepanjang permainan tanpa kelelahan. Untuk mencapai daya tubuh yang optimal, lakukan jogging setidaknya 30 menit untuk 3 kali seminggu.

Skipping
Gerakan lompat tali (skipping) bisa melatih diri untuk lebih lebih nyaman terhadap kelincahan gerak kaki. Setidaknya lakukan skipping 10 menit setiap hari.  

Standing Toe-up achilles stretch
Berdiri tegak, letakan salah satu kaki di atas sebuah kotak atau dataran yang lebih tinggi dengan menekuk lutut. Taruh setengah bagian telapak kaki hingga ke jari. Selanjutnya condongkan badan ke depan dengan posisi ke depan. Lakukan gerakan naik-turun selama beberapa kali untuk 2-3 set pengulangan. 

Forward Lunges
Gerakan ini akan meregangkan otot pinggul dan otot hamstring Anda.. Dengan memasukkan latihan ini dalam olahraga badminton akan memperbaiki mobilitas Anda. Anda untuk permainan dan mengurangi risiko cedera. Sekarang, letakkan salah satu kaki Anda di bagian depan dan badan tetap tegak dan jaga kedua kaki posisinya tetap rata dengan lantai atau tanah.

Wrist rolls
Badminton adalah olahraga yang banyak melibatkan aktivitas pergelangan tangan. Jadi sebelum mulai bermain badminton pastikan untuk sudah memersiapkan pergelangan tangan dalam pemanasan. Wrist rolls bertindak baik sebagai pemanasan dan peregangan untuk pergelangan tangan. 

Caranya dengan, kepalkan tangan Anda dengan kencang lalu putar membuat lingkaran ke arah luar. Putar 10 kali, lalu lakukan dengan berganti arah putaran.

Wrist flexor dan extensor
Luruskan lebih menghadap ke bawah (untuk gerakan flexor). Arahkan jari kebawah dari telapak tangan dan untuk extensor arah kan jari ke atas. Gambar paling atas merupakan gerakan wrist flexor dan yang bawah adalah wrist extensor. 

Shadow badminton
Teknik bulu tangkis yang satu ini berujuan untuk membantu Anda membayangkan seperti apa jalannya pertandingan, lengkap dengan gerakan berpindah-pindah yang sering ditemukan sepanjang permainan badminton. Bedanya, Anda berlatih tanpa bola (kok). 

Untuk melatih teknik ini, Anda membutuhkan teman latihan yang akan memberi tahu Anda dari mana arah datangnya bola (kok). Anda akan mengayunkan raket seakan-akan beneran menangkis serangan lawan. Teman latihan Anda akan memvariasikan "arah datang" bola (kok) untuk melatih ketangkasan dan kelincahan pergerakan kaki Anda. 

Dari memukul raket ke arah kanan bawah, ke kiri atas, lalu menunjuk ke bagian depan kanan, dan seterusnya. Anda harus mengikuti semua arah yang ditunjukkan partner. ** (SS)

SHARE