Cara Sederhana Atasi Mabuk Laut Saat Traveling - Male Indonesia
Cara Sederhana Atasi Mabuk Laut Saat Traveling
MALE ID | Relax

Berlibur ke obyek wisata yang cukup jauh apalagi menggunakan transportasi laut tentu akan memeliki efek serius jika tidak dipersiapkan matang. Bayangkan, misal ingin liburan ke pulau atau ingin menikmati keindahan laut tapi takut akan mengalami mual dalam perjalanan di atas kapal alias seasick alias mabuk laut.

mabuk lautPixabay.com

Mabuk laut biasanya terjadi lantaran tubuh mengirimkan sinyal yang kurang tepat kepada otak sehingga menjadi kacau. Ujung-ujungnya, stimulasi visual akan menjadi terganggu dan kita akan melihat benda di sekitar kita berayun-ayun. 

Pada fase mabuk, akibat kehilangan keseimbangan dari perintah otak, seseorang akan merasa mengantuk, pusing, mual dan akhirnya muntah. Biasanya semua ini bisa terjadi karena tubuh seseorang belum benar-benar beradaptasi dengan situasi yang tiba-tiba seperti gejala tersebut. Ada beberapa hal yang membuat seseorang mabuk laut yakni seperti posisi duduk yang dipilih, kekenyangan ataupun perut kosong hingga sugesti. Lalu bagaimana cara mengatasi mabuk laut? 

Jaga Kondisi Tubuh
Hal ini sebenarnya berpengaruh kapan saja. Jangankan waktu perjalanan, di hari biasa pun harus tetap fit untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima. Jika akan naik kapal, usahakan perut Anda tidak kosong, tapi jangan sampai kekenyangan juga. Dua hal tersebut pada dasarnya tidak baik semua. Jadi, makanlah yang cukup. Sangat disarankan Anda mengisi perut sekitar satu jam sebelum memulai perjalanan.

Baca Juga: Bawah Laut Wakatobi, Surga Bagi Para Penyelam

Tempat Duduk
Pemilihan tempat duduk di atas kapal juga penting. Jika memungkinkan, pilihlah tempat duduk di tengah bagian kapal. Bagian depan atau belakang kapal biasanya mengalami lebih banyak goncangan dan bergoyang cukup sering jika dibandingkan bagian tengah. Anda juga bisa berjalan-jalan berkeliling kapal.

Memandang Jauh
Jika sudah terlanjur mulai merasakan tanda-tanda mual, alihkan pandangan jauh ke depan atau ke atas melihat langit. Jangan melihat ke bawah alias memandang air laut karena berpotensi membuat Anda semakin sempoyongan. Selain itu, sambil menikmati teh tawar sebagai penawar mabuk laut. Air mineral juga dapat membantu.

Obat Anti Mabuk
Mungkin ini cara paling ampuh. Minumlah obat antimabuk sebelum perjalanan, sesuai dengan dosis dan cara minum yang benar. Meski demikian, yang harus diingat, jangan jadikan obat sebagai kebiasaan. 

Jangan Menahan Jika Ingin Muntah
Jangan tahan rasa mual Anda. Jika Anda merasa ingin muntah, lanjutkan. Biasanya, merasa lega setelah muntah. Selalu sedia pelastik kecil sealam perjalanan jika Anda mudah mual. Setelah muntah, balur leher dan dada Anda dengan minyak angin. Muntah berarti juga mengeluarkan makanan yang ada di saluran pencernaan.  ** (SS)

SHARE