Hati-Hati Sering Sakit Perut Sebelah Kiri - Male Indonesia
Hati-Hati Sering Sakit Perut Sebelah Kiri
MALE ID | Sex & Health

Sakit perut menjadi salah satu persoalan kesehatan yang kerap terjadi oleh setiap orang. Namun tidak semua orang merasakan sakit perut dengan lokasi yang sama. Salah satunya sakit perut yang berasal dari lokasi sebelah kiri. Untuk penyebabnya sendiri, sakit perut sebelah kiri juga beragam.

sakit perutPixabay.com

Perlu diketahui, Bagian perut sebelah kiri kita terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Perbedaan ini turut memengaruhi penyebab rasa sakit yang Anda rasakan. Sakit perut sebelah kiri ini dapat disebabkan oleh masalah pada organ dan struktur di bagian kiri perut maupun pengaruh dari masalah organ lain yang terletak jauh dari perut.

Secara biologis, perut bagian kiri bawah merupakan ujung dari usus besar atau kolon. Bila Anda merasa sakit pada bagian tersebut hanya dalam satu atau dua hari, tidak perlu khawatir. Namun, jika kerap terjadi Anda perlu berhati-hati. Bisa jadi hal tersebut menjadi gejala beberapa penyakit berat, seperti di antaranya:

1. Hernia
Hernia atau turun berok memang baisanya terjadi para pria, karena kaum adam ini pada umumnya memiliki bagian khusus dalam rongga perut untuk mendukung fungsi alat kelaminnya. Rasa sakit dan bengkaknya menyebar hingga ke sekitar testis ketika tonjolan usus makin turun ke dalam buah zakar.

Baca Juga: Stres Bisa Picu Kesehatan Mulut

Hernia tidak selalu berbahaya. Namun, kondisi ini tidak bisa sembuh sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi fatal jika tidak ditangani. Dokter mungkin menyarankan operasi untuk memperbaiki hernia inguinalis yang meyakitkan atau semakin membesar.

2. Ginjal
Batu ginjal adalah materi berupa kristal mineral yang terbentuk dalam saluran kencing atau ginjal. Batu ginjal terjadi saat zat pembentuk batu, biasanya kalsium, berlebih atau volume urin menurun. Untuk batu ginjal dengan gejala yang minim dan masih berukuran kecil, Anda dapat mengatasinya dengan terapi medis, minum air putih sekitar 3 liter per hari, dan mengonsumsi pereda nyeri. Sedangkan pada kondisi batu ginjal yang sudah parah, operasi mungkin diperlukan.

3. Divertikulitis
Divertikulitis merupakan tipikal penyakit pencernaan yang terjadi diusus besar, dan jarang terjadi di usus kecil. Dinding usus terbagi atas kantong atau Diverticulae. Ketika diverticulae meradang akibat infeksi atau penyakit, kondisi ini disebut Divertikulitis. Diverkulitis terjadi saat kantung-kantung kecil pada dinding kolon mengalami peradangan atau terinfeksi. 

Penyebab divertikulitis belum diketahui dengan pasti. Namun pola makan rendah serat dianggap cukup berperan pada kondisi ini. Karena tanpa serat, usus harus bekerja lebih keras sehingga memicu terbentuknya kantung-kantung pada dinding kolon yang lebih tipis. Selain sakit pada perut sebelah kiri bawah, mual, kembung, sembelit atau diare,dan demam juga merupakan gejala divertikulitis.

Guna mengatasi divertikulitis umumnya dokter akan memberikan antibiotik dan pereda nyeri. Sebelum keadaan Anda membaik dan usus sudah siap mencerna makanan padat, Anda hanya boleh mengonsumi cairan. ** (SS)


 

SHARE