Menyapa Pasir Berbisik Gunung Bromo - Male Indonesia
Menyapa Pasir Berbisik Gunung Bromo
Sopan Sopian | Relax

Pasir berbisik menjadi julukan kawasan puncak Gunung Bromo yang terkenal dikalangan wisatawan. Tempat ini juga menjadi tempat paling disukai atau menjadi tempat favorit bagi para wisatan lokal atau mancanegara.

pasik berbisik, gunung bromoBernard Gagnon/wikimedia

Kenapa tidak, berwisata ke Bromo memang seperti tak pernah merasa bosan. Ada saja sesuatu yang baru ditawarkan dari tempat ini. Maka tak heran jika Kementerian Pariwisata mencanangkan tempat ini menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata baru selain Bali.

Ya, pasir berbisik adalah obyek wisata gunung bromo, Jawa Timur. Obyek wisata ini adalah sebuah lautan pasir luas nan indah yang berada di sekitar Kaldera. Untuk menuju hamparan pasir berbisik ini Anda dapat melakukann perjalanan dengan menggunakan jeep hardtop, motor trail, atau kuda Bromo. Hamparan pasir terlihat sejauh mata memandang. Anda akan mendapatkan perasaan dan pengalaman berbeda di sini.  

Jika anda ingin mendapatkan banyak pengalaman di kawasan Bromo ini, lakukanlah petualangan tersebut pada pagi hari, karena pada waktu ini anda bisa meng-explore semua obyek wisata di Bromo. Pagi hari anda dapat menikmati matahari terbit di puncak Penanjakan, setelah itu pergi ke gunung Bromo untuk melihat langsung kawah Bromo, lepas dari tempat itu, lagsung pergi ke Padang Savanna Bromo dan sebagai trip penutup adalah mengunjungi pasir Berbisik Ini. 

Baca Juga: Cukang Taneuh, Pesona Green Canyon Indonesia

Keindahan pasir berbisik ini terjadi karena dua hal. Baik itu cerita legenda dan alam secara alami. Secara legenda, hal ini tentang seorang gadis desa bernama Daya yang tinggal di perkampungan miskin bersama ibunya yang sudah lama ditinggal oleh suaminya sejak Daya masih kecil.

Kondisi lingkungan yang tidak selalu aman serta jarak yang jauh dari peradaban modern membuat ibunya sangat protektif sehingga Daya suka bertingkah aneh. Salah satunya, ia sering menelungkupkan tubuhnya ke tanah pasir, karena ia merasa bahwa pasir berbisik kepadanya. 

pasir berbisik, gunung bromoBernard Gagnon/wikimedia

Kemudian hal kedua, fenomena pasir berbisik karena ketika angin bertiup, butiran-butiran pasir bertebangan dan terdengar seperti bisikan yang sampai ke telinga setiap orang yang melewatinya. Bentuknya juga bergelombang menyerupai ombak-ombak kecil.

Tidak hanya indah untuk menikmati liburan Anda. Pasir berbisik ini juga kerap menjadi lokasi syuting film. salah satunya adalah film yang berjudul sama dengan namanya, Pasir Berbisik. Bagi pecinta foto, tempat ini juga biasa digunakan sebagai objek bagi para fotografer atau orang-orang yang ingin hunting foto. Bahkan penyanyi Judika pernah melakukan foto pre-wedding dan syuting salah satu video klipnya.

Nah, jika Anda kerap melihat foto-foto orang berkuda di hamparan pasir luar yang indah. Bisa jadi, itu adalah lokasi yang sama, yakni pasir berbisik Bromo. ** (SS)

SHARE