Kenali Ciri Handphone Diserang Hacker - Male Indonesia
Kenali Ciri Handphone Diserang Hacker
MALE ID | Digital Life

Kasus hacking dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan Anda bisa tahu sendiri sepanjang tahun 2017, kasus hacking di Indonesia pun terus terjadi. Seperti kasus hacking yang dilancarkan para hacker kepada situs-situs operator telekomunikasi atau pemerintah.

pixabay.com pixabay.com

Bahkan, tak hanya itu saja. Anda juga tentu pernah mendengar kasus hacking yang menyasar akun media sosial sampai kasus hack yang meminta dana pun pernah terjadi. Jadi setidaknya kita harus tetap waspada dari ancaman hacker setelah berkaca dari beberapa kasus tersebut.

Apalagi, kini semua orang ketergantungan dengan yang namanya smartphone. Dan gaway ini menjadi santapan empuk bagi para hacker, jadi bisa dikatakan rentan juga untuk kena ulah jail para hacker. Berikut ini handphone kena hack atau disadap hacker:

Jeli Pada Aplikasi yang Terinstal
Jika kiranya Anda mendapatkan ada hal janggal pada aplikasi smartphone Anda, itu patut Anda curgiai. Karena hacker bisa memasang aplikasi tambahan di telepon pintar Anda. Terkadang juga bisa disembunyikannya. Untuk mengetahui hal itu. Coba Anda cek dengan pergi ke menu setting-Apps atau Application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi aneh di smartphone?

Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah Anda instal, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang bisa saja mencuri data Anda. Dan itu jelas handphone kena hack.

Baterai Kerap Cepat Low Batt
Mengapa bisa terpangaruh pada baterai? Karena hacker memerlukan daya untuk terus mengirimkan data-data Anda yang berada di smartphone. Maka dari itu, patut dicurigai pula saat smartphone Anda sering sekali ngedrop atau low batt.

Cek awal adalah pemakaian baterai. Kemudian, jika ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi memang smartphone disadap orang.

Ada Suara Aneh Saat Saat Menelepon
Jika mendengar suara kresek-kresek atau suara bising saat Anda melakukan sambungan telepon atau menerima sambungan telepon, sementara lawan bicara normal, wajib curiga! hal itu bisa saja panggilan Anda sedang tersadap.

Kuota Internet Boros Mendadak

Tentu Anda akan merasa aneh saat kuota internet yang baru saja Anda beli tiba-tiba sudah hampir habis. Hal ini karena hacker biasanya menanamkan aplikasi asing tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan Anda. Seperti halnya pada batre, selain daya pengiriman itu pun membutuhkan kuota internet.

Banjir Iklan Pop-up
Jika dahulu hacker mengirimkan link ke email untuk mengaktifkan aplikasinya. Kini bisa lewat iklan Pop-up untuk mengaktifkan aplikasinya kepada si tujuan yang akan di hack.

Lokasi Handphone Kerap Aktif
Hal yang patut dicurigai lagi adalah saat setting-an lokasi smartphone atau handphone Anda mendadak aktif. Pasalnya, salah satu tujuan hacker adalah mengetahui posisi Anda. patut dicurigai juga saat lokasi pada handphone atau smartphone Anda mendadak aktif. **

SHARE