Inilah 5 Pertanda Anda Wajib Ganti Smartphone​​​​​ - Male Indonesia
Inilah 5 Pertanda Anda Wajib Ganti Smartphone​​​​​
MALE ID | Digital Life

Banyak orang mengeluh smartphone kesayangannya mulai lelet dan akhirnya mereka memutuskan ganti smartphone. Sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah, asalkan tindakan yang dilakukan bukan cuma membuang uang semata.

ganti smartphonepixabay.com

Ponsel pintar sudah menjadi salah satu barang terpenting bagi umat manusia. Rasanya sulit melewati satu hari tanpa kehadiran smartphone. Apalagi smartphone sampai tertinggal di rumah atau rusak dan tak dapat digunakan lagi.

Berkaitan akan hal tersebut, MALEnials harus tahu bahwa smartphone bukanlah benda abadi. Ada masa dimana perangkat Anda termakan usia dan perlu diganti dengan yang baru. Walaupun Anda termasuk sebagai orang yang telaten merawat barang sekalipun.

Terkadang, Anda tidak sadar bahwa Anda sudah harus ganti smartphone. Maka dalam kesempatan kali ini kami akan membeberkan lima pertanda perangkat Anda wajib diganti perangkat yang baru. Antara lain:

Baca juga: Gadget Mudah Rusak Akibat Kebiasaan ini

Rusak Secara Fisik
Memang banyak pengguna smartphone merasa goresan kecil atau pecahan pada bagian tertentu tidak begitu memengaruhi performa. Pada kenyataannya, hal itu akan membuat smartphone ‘wafat’ secara perlahan-lahan. Apalagi jika kerusakan nantinya menyebar ke bagian layar dan kamera. Hampir dipastikan, Anda perlu segera menggantinya dengan yang baru.

Baterai Sudah Bocor
Baterai merupakan komponen penting di sebuah smartphone. Jika usia baterai sudah tua ditambah keadaan 'bocor' alias cepat habis, tentunya membikin perangkat Anda tidak nyaman lagi dipakai. Barangkali membeli baterai yang baru bisa menjadi solusi. Namun, bagaimana kalau baterai smartphone Anda non-removable? Belilah yang baru guna menggantikannya.

Performa Menurun
Meski Anda membeli smartphone kelas flagship sekalipun, performanya pasti akan menurun seiring masa pemakaian. Menurunnya performa nyatanya disebabkan oleh penggunaan dalam waktu lama. Beragam aplikasi yang ada di perangkat Anda akan semakin besar menghabiskan kapasitas memori. Bila sudah begini, Anda bisa memilih apakah ingin membuang aplikasi atau beralih ke smartphone baru.

Versi OS mentok
Sebagian besar smartphone keluaran lama tidak diberikan akses update OS terbaru. Anda masih punya ponsel Android dengan versi OS Ice Cream Sandwich (4.0) atau bahkan Gingerbread (2.3)? Tandanya, Anda harus segera ganti smartphone. Pasalnya, OS terbaru menawarkan fitur lebih canggih, performa lebih cepat hingga sistem keamanan lebih ketat dibandingkan OS terdahulu.

Layar ‘Burn-in
Layar ‘burn in’ juga sering dikenal dengan istilah ghost image. Istilah ini merujuk pada terjadinya perubahan warna pada layar smartphone secara permanen. Hal tersebut merupakan efek jangka panjang yang disebabkan oleh penggunaan pixel tidak teratur. Jika layar smartphone menunjukkan warna tidak sesuai dari kondisi aslinya, Anda boleh mempertimbangkan membeli smartphone baru.**GP

SHARE