Makan Berlebih Walau Tak Lapar, Kenali Bahayanya - Male Indonesia
Makan Berlebih Walau Tak Lapar, Kenali Bahayanya
Gading Perkasa | Sex & Health

Anda sering makan berlebih walau tidak sedang merasa lapar? Waspadalah, bisa jadi Anda terjangkit stress eating. Penyakit ini dapat menimpa siapa saja, tetapi lebih sering ditemui di kaum pria.

makan berlebihmaxpixel.freegreatpicture.com

Setiap dari Anda tentu pernah mengalami stres. Jika masih dalam batasan tentu merupakan hal yang lumrah dan bisa Anda jadikan sebagai motivasi hidup. Namun, ketika penyakit stres sampai mengubah perilaku Anda khususnya pola makan, bukan mustahil beban Anda cukup berat.

Bahaya timbul tatkala nafsu makan Anda meningkat dan berkeinginan makan berlebih meskipun sudah kekenyangan. Bila sudah demikian, sebisa mungkin Anda harus segera mengontrol nafsu makan karena sangat berisiko untuk kesehatan.

Stress eating atau emotional eating adalah suatu kondisi dimana Anda menggunakan makanan supaya merasa lebih baik. Anda cenderung suka makan guna mengatasi emosi daripada memuaskan rasa lapar. Sebagai contoh, ketika masalah di kantor menumpuk, Anda menyantap makanan dalam jumlah besar. Jika kondisinya kian parah, Anda bahkan tidak memedulikan makanan apa yang Anda santap.

Baca juga: Stres Bisa Picu Kesehatan Mulut

Sebagaimana telah dijelaskan di paragraf sebelumnya, stres adalah penyebab utama kondisi ini. Jadi, masalahnya bukan terletak pada nafsu makan, melainkan emosi Anda yang tidak stabil. Stres bisa bermacam-macam, baik karena pekerjaan atau masalah dengan orang terdekat, misalnya kekasih Anda.

Pengidap stress eating senantiasa makan dengan porsi lebih banyak ketika mereka mengalami kondisi yang tidak menyenangkan. Mereka cenderung mengonsumsi junk food karena mereka berpikir, jenis makanan tersebut mampu melenyapkan rasa sedih. Mereka juga akan melampiaskan kesedihannya melalui makanan manis seperti es krim, coklat, kue serta masih banyak lagi.

Apabila sudah melampaui batas wajar konsumsi, tentunya baik junk food maupun makanan manis bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Di samping itu, pengidap stress eating berisiko kelebihan berat badan karena makan berlebih.

Sebenarnya, ada beberapa cara guna mengatasi stres. Yaitu olahraga ringan secara rutin dapat membantu mengurangi beban pikiran, misalnya sekedar jogging di pagi hari. Stres hilang, tubuh menjadi sehat dan pikiran menjadi segar kembali. Kalau belum sempat berolahraga, paling tidak Anda bisa mengatasinya dengan cara mendengarkan lagu atau membaca buku. Kurangi kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur agar mendapatkan tidur berkualitas.**GP

SHARE