Bakar Lemak dengan Olahraga Boot Camp - Male Indonesia
Bakar Lemak dengan Olahraga Boot Camp
MALE ID | Sport & Hobby

Mendengar kata Boot Camp pasti tidak jauh dengan yang namanya latihan fisik ala militer. Padahal ini adalah jenis olahraga yang tengah populer beberapa tahun ini. Jenis olahraga ini dikemas dengan cara fun. 

 olahraga, Boot Camp
Port of San Diego/Flickr.com

Bagi Anda yang gemar olahraga, kegiatan yang satu ini mungkin patut untuk dicoba. Boot camp sendiri biasanya ditujukan untuk seseorang yang ingin melakukan aktivitas fisik secara intens. Jadi, target Anda dalam berolahraga mungkin akan segera tercapai. 

Di Amerika, boot camp ini mulai muncul sekitar tahun 2005. Boot camp menjadi satu kegiatan baru untuk mengatasi rasa bosan berolahraga di dalam ruangan. Barangkali idenya juga muncul setelah seri televisi The Biggest Loser mendapat respon bagus saat ditayangkan pertama kali di tahun 2004. 

Baca Juga: Pemakaian Treadmill yang Salah Saat Berolahraga

Istilah boot camp sendiri sebenarnya berawal dari pelatihan militer yang harus dilalui oleh seorang prajurit. Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, boot camp adalah program pelatihan fisik yang dilakukan dalam satu rentang waktu, dilatih dan diawasi oleh para instruktur dari pusat kebugaran atau personal trainer. Program ini dirancang untuk membangun kekuatan dan kebugaran, serta membantu orang-orang untuk bisa melakukan rutinitas olahraga yang teratur.

olahraga, boot campmaxpixel.freegreatpicture.com

Latihan fisik olahraga boot camp sendiri meliputi lari, loncat, naik turun tangga, push up, sit up, naik turun bukit, beberapa boot camp bahkan menyertakan yoga dan pilates. Di boot camp sendiri olahraga ini dikemas lebih variatif, menarik dan berkelompok. Karena itulah boot camp tidak saja melatih kebugaran, tapi juga menawarkan sesuatu yang menyenangkan dan menciptakan rasa persahabatan di antara para peserta boot camp.

Jika tertarik mengikuti boot camp, sebaiknya cek kesehatan terlebih dahulu. Bagi yang berumur 40 tahun ke atas, baru pertama kali mengikuti latihan olahraga, memiliki beberapa gangguan kesehatan dapat konsultasi dengan para instruktur sehingga mereka akan mengawasi dan mengurangi intensitas latihannya. Latihan boot camp dapat bervariasi tetapi umumnya mencakup campuran antara latihan kekuatan macam CrossFit dan aerobik. Beberapa bahkan menggabungkan gerakan seni bela diri.

Boot camp ini rata-rata dilakukan dengan rentang waktu 4 minggu. Dan melakukan pertemuan 2-3 kali dalam seminggu. Waktunya 50 sampai 60 menit setiap pertemuan.  Boot camp memiliki beberapa jenis seperti holistic boot camp, fitness boot camp dan workout boot camp. Perbedaannya terdapat pada intensitas pemakaian alat dan pengarahan nutrisi makanan. John Spencer Ellis dari Orange County Adventure Boot Camp mengungkapkan fitness boot camp-nya bahwa mereka bekerja pada teknik, latihan inti kekuatan tubuh, relaksasi dan pemahaman gerakan tubuh. Bagaimana, Anda tertarik? ** (SS)

SHARE