Jakarta Saber, Cinta Star Wars Suka Lightsaber - Male Indonesia
Jakarta Saber, Cinta Star Wars Suka Lightsaber
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Hingar bingar film Star Wars: The Last Jedi yang baru saja dirilis pada 13 Desember 2017 lalu disambut penuh suka cita oleh para penggemarnya, termasuk Komunitas Jakarta Saber. Barangkali MALEnials masih asing mendengar nama tersebut. Penasaran seperti apa perjalanan komunitas yang berdiri sejak 4 Mei 2012 silam ini?

jakarta saber

Sehari sebelum peluncuran perdana episode terakhir Star Wars, MALE Indonesia berkesempatan mewawancarai Allit Baskoro selaku Chief in Command Jakarta Saber. Ia mengatakan, nama komunitasnya lahir bukan tanpa alasan. Dahulu kala di kota Bandung, sudah berdiri komunitas lightsaber bernama Urban Jedi.

“Dulu, salah satu pendiri sekaligus ketua pertama Jakarta Saber, Anindyo Kreshandana tertarik melihat ada komunitas Star Wars yang berfokus ke lightsaber saja. Setelah memperoleh inspirasi tersebut, barulah ia membawanya ke Jakarta dan mendirikan Jakarta Saber,” ujar Allit.

jakarta saber

Berbagai kegiatan atau event telah mereka ikuti. Sebut saja event Battle of The Toys, Toys Fair dan Sci-fi Weekend, dimana mereka selalu menyajikan lightsaber choreography. Mereka juga telah menyelenggarakan salah satu kegiatan yang dinilai paling unik, yakni Lightsaber Tournament di tempat dan waktu berbeda. Antara lain Jakarta (2012 dan Desember 2016) serta Bandung (Juli 2016).

Bagaimana dengan para anggotanya? Allit mengatakan, anggota komunitas yang tergolong member aktif kurang lebih sekitar 20 orang. Rata-rata anggotanya berasal dari daerah Jakarta dan Depok. “Kita biasa latihan itu setiap hari Kamis. Lokasinya di Taman Menteng, mulai dari jam 7 malam sampai bosan,” katanya.

jakarta saber

Lebih lanjut menurut Allit, untuk menjadi anggota dari Jakarta Saber sendiri tidaklah sulit. Setiap orang yang hendak bergabung cukup memiliki ketertarikan terhadap dunia Star Wars dan mau menyumbangkan effort di dalam komunitas. “Bentuk effort yang kita harapkan adalah komitmen dengan latihan dan segala kegiatan di dalamnya. Sehingga, saat terjun ke event semua anggota bisa berpartisipasi dan menampilkan performance maksimal,” ucap Allit.

Di samping itu, para anggota yang baru bergabung nantinya tidak diwajibkan langsung mempunyai lightsaber. Namun bagi mereka yang ingin hunting lightsaber bisa mencarinya di Sinar Saber. Dimana toko ini khusus berjualan lightsaber dan bisa dipakai perform. Atau pesan dari toko luar seperti Ultra Saber dan Saber Forge.

Ketika ditanya mengenai tokoh yang paling dikagumi di film Star Wars, ia menyebutkan dua nama yaitu Qui-Gon Jinn dan Darth Revan. Alasannya adalah karena kedua karakter ini memiliki cara berpikir yang bebas. Sementara beberapa anggota lain memfavoritkan Obi-wan, Luke Skywalker, Master Yoda dan masih banyak lagi.

jakarta saber

Belum lama ini, Jakarta Saber baru saja memenangkan Lightsaber Choreography Competition 2017 dan tengah merencanakan inovasi baru. Yakni pengembangan web series yang akan diunggah ke Youtube. “Kita akan start pengembangannya di awal 2018. Harapannya agar bisa menjadi sesuatu yang berkelanjutan untuk jangka panjang,” ujarnya.

Allit juga berpesan kepada penggemar Star Wars dan komunitas lightsaber lain di berbagai penjuru agar jangan pernah berhenti mengembangkan minat di dunia Starwars. “Always improve, always strive to be better. Don’t listen what people say and have fun with your fandom,” tuturnya mengakhiri wawancara bersama MALE Indonesia.**GP

SHARE