5 Objek Wisata Nan Eksotis di Jepara - Male Indonesia
5 Objek Wisata Nan Eksotis di Jepara
Sopan Sopian | Relax

Apa yang pertama kali Anda teringat ketika disetbutkan kata Jepara? Ya, Jepara adalah salah satu kabupaten di Pesisir Pantai Utara Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi laut. Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan.

jepara, wisata jeparasaid masalboys/wikimedia

Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Kabupaten Jepara secara administratif wilayah luas wilayah daratan Kabupaten Jepara 1.004,132 km2 dengan panjang garis pantai 72 km. Selain itu, Jepara juga terkenal akan kualitas seni ukiran kayunya yang sangat tersohor dari nasional sampai mancanegara.

Baca Juga: Misteri di Balik Keindahan Candi Borobudur

Jika Anda pernah menyaksikan film Dian Sastro yang dibalik kemben Jawa. Tentu ingat ia memerankan tokoh siapa yang berasal dari Jepara. Ya, tokoh legenda, yaitu RA Kartini. Namun, bukan hanya itu saja yang dimiliki Jepara. Potensi kekayaan wisata alam yang luar biasa juga dimiliki Jepara. Terutama pantai yang aduhai eksotis. Tidak perlu berlama-lama, berikut sederet objek wisata di Jepara.

1.  Pantai Kartini
Pantai Kartini terletak di arah barat pendopo Kantor Bupati Jepara, luasnya sekitar 3.5 hektar dengan wahana yang akan siap memuaskan liburan Anda. Pantai kartini ini adalah pantai ternama di Jepara kerana kawasan tersebut merupakan jalur transportasi menuju Karimun Jawa dan juga Pulau Panjang.

Pantai ini juga merupakan lokasi dilaksanakannya ritual "Lomban", sebuah acara tradisional yang dilaksanakan tepat seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Awalnya, pantai ini digunakan sebagai pemandian, karena dipercaya jika mandi di pantai ini berbagai macama penyakit seperti rematik dan gatal-gatal bisa hilang.

2. Pulau Panjang 
Wisata di Jepara ini mempunyai garis pantai yang panjang. Selain itu, Pulau Panjang memiliki keisitimewaan yaitu pasir putih dikelilingi dengan laut dangkal dan memiliki perairan jernih serta memiliki terumbu karang yang indah. Pada bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis yang memiliki pohon tinggi yang  menjulang serta terdapat perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. 

Untuk flora yang terdapat pada pulau ini didominasi oleh asam jawa, dadap, pohon randu, serta pinus di sebelah timur yang umurnya ratusan tahun. Untuk bawah lautnya, terdapat terumbu karang yang begitu memanjakan wisatawan. Tempat ini cocok di gunakan sebagai area snorkling dan juga kano. tempat ini hanya berjarak 2,5 kilometer dari pantai kartini.

3. Pulau Mandalika 
Jika Anda berkunjung ke Jepara, sempatkanlah mampir ke pulau mandalika. Bagi anda yang hobi memancing, di tempat ini bisa menularkan hobi memancing Anda. Spot di sini merupakan spot favorit para mancing mania. Ada banyak ikan yang bisa anda dapatkan jika beruntung. Seperti ikan kerapu, pari, sembilang dan kakap putih. 

Di pulau ini juga bisa menikmati tanaman endimik khas pulau Mandalika yaitu Nongko Celeng, tanaman ini terbilang unik, karena buahnya tumbuh dari dalam tanah, tepat dibagian akar. Untuk bisa ke pulau mandalika, Anda harus menempuk jaraknya sekitar 2 kilometer dari bibir pantai dan 500 meter dari lokasi Tebing Benteng Portugis yang terletak di pesisir pantai Ujung Watu.

4. Air Terjun Songgolangit 
Air terjun songgolangit mememiliki arti tersendiri. Songgo langit merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti menyangga awan dalam bahasa indonesia. Berkunjung ke tempat wisata ini emang gak ada ruginya, di sana akan di manjakan dengan udara yang sejuk dan lingkungan hijau yang berpadu dengan derasnya aliran air terjun.

Di sekeliling juga terdapat gerombolan kupu kupu yang berterbangan yang membuat lokasi ini begitu indah dan nyaman. Penasaran lokasi tempat ini?? tenang saja tempatnya tidak begitu jauh dari pusat kota Jepara, hanya berjarak sekitar 30 kilometer. Air terjun ini berlokasi di desa Bucu, Kec Kembang Jepara.

5.  Museum R.A Kartini
Jepara identik dengan R.A. Kartini, sosoknya membuat wanuta Indonesia merasakan berbagai kemajuan. Jika Anda ingin mengenal dan mengenang sosok Kartini dengan lebih dekat Anda berkunjung di museum ini. Letaknya ada di utara alun-alun kota, di dalam museum ini ada banyak sekali peninggalan mendiang Kartini. 

Mulai dari benda koleksi, foto-foto kakak kandung hingga benda purbakala di zaman Ratu Shima, ratu penguasa kerajaan Kalingga pada masa itu. Tidak lengkap jika Anda berkunjung ke kota R.A Kartini tanpa singgah di museum mendiang Kartini. ** (SS)

SHARE