Dampak Buruk Sering Gunakan Tusuk Gigi - Male Indonesia
Dampak Buruk Sering Gunakan Tusuk Gigi
Sopan Sopian | Sex & Health

Acap kali orang sering gunakan tusuk gigi setelah selesai makan berserat ataupun daging. Karena tidak dipungkiri, makanan berserat dan daging kerap menyangkut di sela-sela gigi. Apalagi perawatan gigi yang kurang maksimal, hal itu yang dapat memungkinkan sisa-sisa makanan tersangkut di sela gigi.

tusuk gigiPixabay.com

Hal inilah yang membuat kebiasaan seseorang akhirnya menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi. Jika hal tersebut sering melakukannya, perlu disadari hal ini tidak baik bagi kesehatan sebab penggunaan tusuk gigi menyebabkan berbagai efek samping untuk gigi dan gusi. 

Baca Juga: Kenali Risiko Minuman Bersoda Pada Pria

Untuk hal itu Anda perlu mengetahui berikut dampak buruk sering gunakan tusuk gigi untuk membersihkan gigi dari serat dan daging dalam gigi.

Gusi Berdarah
Ketika Anda terus membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi untuk menghilangkan bagian makanan yang tertinggal, hal itu akan menyebabkan perdarahan pada area gusi. Pasalnya ujung tusuk gigi yang tajam bisa menimbulkan luka di gusi yang merupakan jaringan lunak di dalam mulut yang tentunya sangat rawan.

Infeksi Gusi
Jika digunakan hanya sesekali dan dalam keadaan yang benar-benar darurat, tusuk gigi boleh saja digunakan dan mungkin masih aman. Namun jika Anda menggunakannya hampir disetiap selesai makan, tidak hanya merusak gigi, namun juga gusi. Nah, apabila tidak segera diobati dan ditangani dengan baik, maka dapat menyebabkan penyakit gusi yang parah. Di antaranya, radang gusi  dan periodontis, yakni saat radang gusi dibiarkan dan sudah semakin parah.

Ruang Antar Gigi
Bahaya yang ini sangat mungkin terjadi jika Anda sering membersihkan makanan yang menyelip di sela-sela gigi yang sama. Lambat laun kondisi ini akan menciptakan ruang yang lebih besar dan lebar antara satu gigi dengan gigi sebelah. Nah, inilah yang justru akan lebih memperburuk kondisi gigi.

Penurunan Gusi
Selain bisa membuat gigi meregang, nyatanya penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan juga akan menyebabkan kerusakan pada gusi. Tepatnya bisa merubah posisi gusi yang akan bergerak turun dari posisi sebenarnya. Jika dibiarkan, ini akan menyebabkan kerusakan pada akar gigi juga. Apabila ini terjadi, tentu saja ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Merusak Enamel Gigi
Enamel gigi adalah permukaan paling keras dari tubuh manusia dan juga merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi jaringan di bawahnya yang terdiri dari dentin dan pulpa. Enamel gigi yang rusak menyebabkan gigi mudah berubah warna karena enamel telah hilang dan dentin terpapar udara luar. Tepian gigi depan juga mungkin terlihat transparan karenanya. Selain itu, enamel yang terkikis menyebabkan gigi jadi sensitif. ** (SS)

SHARE